Cara Merubah Nama Domain Blogspot Menjadi Domain Sendiri Atau TDL

Hello apa kabar, Domain apa itu domain? Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah web server atau email server di jaringan komputer atau internet.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya merubah Domain Blogspot menjadi Domain TDL, diatas teman2 sudah tahu apa itu domain dan sebelum masuk ke tutorialnya teman2 harus tahu dulu apa itu Domain TDL dan apa keuntunganya memiliki atau merubah domain?

Doamin TDL (Top Domain Level) adalah Nama Domain yang memiliki ekstension atau  kata yang berada dibelakang domain seperti .com (dot commercial), .net (dot network), .org (dot organization), .info (dot information) .edu (dot education), .gov (dot goverment), dan .mil (dot military).

Sekarang teman2 udah tahu apa itu domain TDL lalu apa fungsi dan keuntungan memilikinya?

Keuntungan yang dapat diperoleh jika memiliki Top Domain Level (TDL) adalah hasil pencariannya lebih diutamakan di oleh search engine. Sehingga situs yang menggunakan Top Domain Level (TDL) akan lebih diunggulkan peringkatnya dalam hasil pencarian di google. Selain itu (TDL) membuat blog anda terlihat lebih profesional dan meyakinkan selain itu pengunjung juga dapat mudah mengingat atau mengenali domain blog teman2.

Setelah mengerti apa yang dijelaskan diatas, ternyata sengat penting bagi kalian yang ingin serius nge blog untuk mengubah nama domain blogspot teman2 menjadi TDL agar web/blog teman2 berkembang, Oke langsung saja kita masuk ke sesi tutorialnya bagaimana cara merubah Domain Blogspot menjadi Domain Sendiri atau TDL.

Langkah pertama untuk merubah menjadi TDL sudah dipastikan teman2 memiliki domain TDLnya  dulu, sebagai latihan teman2 bisa cari domain yang gratis, misalnya di freenom ada banyak domain gratis seperti .ml, .tk, dll. teman bisa lihat gambar dibawah ini berikut adalah domain gratis yang tersedia di freenom.

Selanjutnya apabila teman2 sudah memiliki domain TDL gratis dari freenom teman2 harus masuk dan login ke freenom dan mucul tampilan beranda seperti berikut.

Setelah masuk cari menu yang namanya Service kemudian akan ada sub menu lagi lalu pilih Domain seperti gambar dibawah ini dan akan langsung masuk kehalaman My Domain dan pilih manage domain yang bergambar roda.


Di halaman selanjutnya teman2 akan menemukan pilihan Manage Freenom DNS lalu klik saja disana maka akan masuk kehalaman Manage DNS.

dan isi semua record dengan nilai seperti berikut dan save.

Kemudian selanjutnya kita atur settingan pada blognya, masuk ke blog lalu pilih menu setting > Dasar maka disana akan menemukan alamat blog kemudian pilih saja Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda > masukan alamat domain yang kita dapatkan dari freenom > simpan dan akan muncul error dan yang perlu kalian perhatikan adalah teks yang ada pada kotak merah. 

Tapi jangan khawatir kita masuk kembali ke settingan Manage Freenom DNS dan buat record baru dan isi sesuai dengan pemberitahuan error yang ada di blog sebagai contoh bisa lihat gambar dibawah ini lihat kotak merah harus sesuai dengan isi error diblog kemudian save.

Selanjutnya kita setel ulang pengaturan URL pihak ketiga untuk blog dan apabila berhasil akan tampak seperti berikut.

Langkah terakhir teman2 tinggal lihat blog untuk mengecek apkan sudah terganti atau belum.

Itu dia caranya untuk mengganti domain Blogspot menjadi TDL, maaf apabila penjelasanya berbelit dan kurang dimengerti, supaya lebih mudah dimengerti lagi teman2 bisa lihat videonya di bawah ini.

Sekian dulu pembahasan kali ini.
Thanks, See you next time









1 comment:

Powered by Blogger.