Membuat Label, Laman, Dan Menu Bar Di Blogspot Dengan Mudah Tanpa Harus Membuat Koding


Selamat pagi semua, bagaimana kabarnya baik semua pada kesempatan kali ini saya akan menshare sebuah tutorial lagi, tutorial kali ini ditunjukan kepada teman2 semua yang sedang memulai menjadi seorang blogger.

Topik yang akan saya bahas yaitu adalah bagaimana caranya membuat label, laman, & menu bar di blogspot dengan mudah tanpa harus mengotak ngatik setelan HTML nya, jadi teman2 semua yang belum paham tentang HTML tidak usah khawatir karena saya akan membahasnya kali ini.

Label, laman, dan menu bar sangatlah penting untuk sebuah blog yang ingin mulai serius dalam mengelolanya, kenapa sangat penting?. Karena dengan label, laman, dan menu bar blog teman2 akan menjadi lebih friendly terhadap visitornya salah satu kegunaan label, laman, dan menu bar adalah sebagai navigator bagi pengunjung blog teman2.

Oke tanpa basa basi lagi kita langsung aya kepembahasan utamanya Cara Membuat Label, Laman, & Menu Bar :

1. Pertama Membuat Label
  • Langkah pertama untuk membuat label kedalam tampilan utama blog adalah teman2 harus mempunyai dulu sebuah postingan yang mempunyai label / kategori, apabila belum punya teman2 bisa buat terlebih dahulu sebuah postingan dan berikan label / kategorinya dengan cara menuliskanya seperti yang ada pada kotak merah pada gambar dibawah ini.
  • Langkah Kedua apabila sudah mempunyai sebuah postingan yang memiliki label / kategori teman2 bisa masuk ke menu tata letak > tambahkan gadget dengan tempat yang teman2 inginkan teman2 bisa memilih mau diatas, disamping, atau dibawah > kemudian muncul tab baru dan cari gadget yang namanya label dan tambahkan > selanjutnya atur konfigurasinya sesuai keinginan > dan terkahir save dan simpan setelan. setelah itu teman2 bisa lihat hasilnya diblog teman2.
2. Kedua Membuat Laman
Laman biasa digunakan untuk membuat sebuah halaman terpisah dari postingan seperti contohnya About atau Tentang dan Disclaimer.
  •  Langkah yang harus dilakukan teman2 adalah masuk kemenu Laman > kemudian laman baru > langkah selanjutnya tinggal tuliskan apa yang ingin teman2 buat misalnya tentang maka tuliskan semua hal tentang blog teman2 caranya hampir mirip dengan membuat sebuah postingan > dan jangan lupa untuk mensave halaman tersebut.

3. Ketiga Membuat Menu Bar
Menu Bar ini bisa digunakan untuk menampilkan label yang kita buat kemudian laman dan juga link yang berasal dari luar blog teman2.
  • Langkahnya seperti biasa masuk menu tata letak > disana teman menemukan gadget Pages pilihlah edit > dan muncul konfigurasi di konfigurasi teman bisa memasukan laman yang teman2 buat bisa juga memasukan link label yang ada diblog teman2 bahkan link yang berada diluar blog kita > terakhir jangan lupa save dan simpan setelah.

Lihatlah hasilnya di blog teman2.
Mungkin sekian dulu tutorial kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, seperti biasa saya menyediakan video tutorialnya dibawah ini.


Thanks see you next time.

No comments

Powered by Blogger.