Friday, 24 November 2017

Apa Itu Bounce Email ? Lalu Bagaimana Mengatasinya ?

Sebelum memulai tulisan hari ini alangkah baiknya kita mensejajarkan pemahaman kita mengenai apa itu bounce email ini kenapa ? agar apa yang akan saya bahas mengenai bounce email bisa dimengerti secara mudah, apa itu bounce email ?.

Bounce Email Adalah email yang terpental kembali ke pengirim ketika email dikirimkan dan bila bounce email terjadi maka email tersebut akan masuk kedalam kategori hard bounce dam masuk pula kedaftar suppression list atau daftar email yang tidak akan pernah dikirimkan broadcast selamanya.

Nah setelah tahu apa itu bounce email muncul pertanyaan kembali kenapa bounce email bisa terjadi lalu apa  dampaknya kepada pengirim email terus bagaimana cara menanggapi atau mengataasi bounce email ini dan mungkin masih banyak lagi pertanyaan yang akan muncul mengenai bounce email. Disini saya akan mencoba membahas sedikit mengenai bounce email mulai dari penybabnya sampai cara mengatasinya. Tapi sebelum saya membahas hal tersebut saya ingin berbagi cerita terlebih dahulu kenapa saya bisa sampai menulis artikel ini karena sebenarnya saya pernah mengalami bounce email dan saya merasa terganggu sekali dengan hal tersebut sehingga membuat banyak pertanyaaan di kepala saya kenapa bisa seperti itu?

Cerita ini berawal dari  artikel yang membahas Getsitecontrol dan Mailchipm untuk digunakan sebagai media promosi dengan metode email marketing dan metode ini saya terapkan pula pada website ini. Suatu hari saya melihat laporan email marketing yang sudah saya aplikasikan selama 3 hari belakangan ini dan saya mendapat laporan yang menurut saya tidak sesuai dengan apa yang sebelumnya saya lihat didalaam laporan tersebut yaitu muncul informasi yang berisi kurang lebih seperti gambar dibawah ini.


Pada gambar di atas terdapat kata Hard Bounce dengan gambar bola berwarna merah dan hal itu tentu saja membuat saya menjadi waspada dengan informasi tersebut dan mencari tahu semua hal mengenai hard bounce setelah mencari kesana kemari saya mendapat informasi yang cukup memuaskan untuk menjawab semua pertanyaan saya mengenai hard bounce kemudian karena saya suka berbagi maka saya akan membahas semua informaasi yang saya dapatkan mengenai hard bounce kepada kalian semua.

Jadi terus baca artikel ini sampai selesai Ok.

Pertanya Pertama, Apa Penyebab Bisa Terjadinya Bounce Email ?

  • Alamat email tidak ada / tidak valid

Alamat email tidak valid bisa dikarenakan kesalahan dalam menulis alamat email atau bisa juga kemungkinan sesorang mengirimkan alamat email yang palsu maka hal ini perlu kalian perhatikan dalam memanagement contact apakah ada kesalahan dalam pengetikan alamat email atau sejenisnya.

  • Alamat email terlantar atau Undeliverable Email

Dalam kondisi seperti ini bisa terjadi karena server yang sedang down atau sedang bermasalah untuk kondisi ini berarti terjadi hanya untuk sementara tetapi apabila terjadi bounce berkali kali pada saat pengriman email berarti ada kemungkinan dservernya shut down atau domainya expired.

  • Mailbox penuh

Kalian pasti sudah tahu penyebab satu ini, yap kondisi ini si penerima tidak akan bisa menrima pesan email dikarenakan kotak pesanya penuh atau melebihi kapasitas sehingga pesan memantul kembali.

  • Liburan / Auto Reply

Untuk kondisi satu ini saya juga kurang begitu paham tapi pada intinya yang saya pahami adalah email bouncing yang disebabkan oleh auto reply terjadi karena email sudah terkirim namun sipenerima belum bisa membuka pesan tersebut karena sedang liburan nah seperti itu kira kira.

  • Email terblokir

Ini terjadi karena server menjadi lebih ketat dalam memfilter semua pesan yang masuk dan disarankan kalian untuk menghubungi pemilik email agar membuka alamat IP dan domain pengirim pesan.

Pertanyaan Kedua, Apa Dampak Yang Ditimbulkan ?

Dampaknya sederhana memberikan dampak negatif deliverability dan keberhasilan kampanye email kalian.

Pertanyaan Terakhir, Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Jika beberapa alamat email terus menerus mengalami bounce email ambilah langkah langkah dibawah ini untuk mengatasinya :
  • Hapus kontak email dari daftar list
  • Masukan Ke Suppression List untuk memastikan contact tidak bisa subscribe kedalam list kalian lagi
  • Selalu gunakan double optin cara ini yang paling penting menurut saya karena dengan menggunkan double optin email yang salah ketik atau palsu akan di bersihkan atau tidak akan bisa dimasukan kedaftar list kalian seperti gambar dibawah.


Itu dia beberapa informasi yang saya dapatkan semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang mengalami masalah dengan bounce email ini.

Kinerja dan keberhasilan kampanye salah satunya berawal dari kebersihan daftar list kalian dari alamat email yang bermasalah.


Tks.

3 komentar

kamvret, lagu nya ngagetin gan, baru masuk udah jreng :v

Hahha sory bro itu lagu blm di update mau di ganti sama lagu akustikan.

Udah di ganti lagunya bro sekarang jadi lebih adem hehe


EmoticonEmoticon