Saturday, 23 December 2017

Penanganan Ketika Komputer Sering Mati Atau Restart Sendiri

Komputer sering mati sendiri !

Kasus ini sudah sangat familiar bagi orang yang tiap hari berkutat dengan aktivitas didepan komputer akan tetapi kebanyakan orang tidak mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya sehingga membiarakan komputer tersebut terus terusan sampai pada akhirnya terjadi masalah yang fatal terjadi, komputer benar benar mati dan tidak bisa hidup lagi. Gawat sekali kalau sudah seperti itu.

Dalam kasus ini akibat yang fatal bisa terjadi seperti yang saya sebutkan diatas dikarenakan proses yang tidak benar untuk mematikan komputer yang benar adalah dengan cara melakukan shutdown sehingga sistem akan memastikan hardware maupun software benar benar telah terhenti sebelum semua komponen komputer mati tetapi untuk kasus ini komputer mati dengan cara tiba tiba tanpa melalui shutdown sehingga semua proses baik hardware maupun software yang sedang berkerja dipaksa untuk berhenti sehingga akan terjadi malfungsi, kalian semua pasti tahu segala sesuatu yang dipaksakan itu pasti tidak baik.

Kenapa kasus ini bisa terjadi ?, banyak sekali penyebabnya bisa dikarenakan software, hardware, maupun aliran listrik. Jadi untuk mencari penyebab dari kasus ini kita diharuskan teliti dalam mengecek satu persatu yang memungkinkan jadi penyebab masalah ini. Masalah ini memang gampang gampang susah karena kita membutuhkan waktu yang lama untuk mengatasi masalah ini.
Baik langsung saja sekarang saya akan membeberkan semua penyebab yang menimbulkan masalah ini berserta dengan solusinya dalam bentuk cerita, karena dengan kasus ini juga sedang saya alami sendiri di akhir akhir ini.

Saya mengalami kasus ini sudah lama sekali mungkin lebih dari sebulan, hal ini bermula terjadi ketika komputer dipindahkan dari meja kemeja yang lain dan akhirnya komputer menjadi sering mati sendiri pertama tindakan yang saya ambil adalah dengan membersihkan semua komponen CPU dari debu dan menambahkan pasta processor, untuk apa ? hal ini dilakukan untuk mengatasi penyebab komputer mati sendiri dikarenakan komponen didalam CPU tidak mendapatka pendinginan yang pas terutama processor sehingga mengakibatkan CPU panas dan akhirnya komputer menjadi mati sendiri.

Sehari setelahnya kasus ini masih belum sepenuhnya selesai karena komputer masih sering mati sendiri kemudian langkah yang saya ambil adalah mengecek RAM karena RAM juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya komputer mati sendiri cara saya ambil adalah dengan membersihkan RAM dengan cara membersihkan kuningan pada RAM dengan penghapus agar semua debu yang menempel ikut terbawa ke penghapus.

Sehari setelahnya lagi dan komputer masih tetap suka mati sendiri, penyebab selanjutnya bisa juga terjadi disebakan oleh aliran listrik yang tidak stabil saya mencoba mengechek penyebab ini dengan cara mencoba mengganti power supply dan juga memasang stabilizier untuk mkenstabilkan arus yang masuk kedalam power supply akan tetapi langkah yang saya ambil ini juga masih belum bisa mengatasi kasus kali ini.

Langkah selanjutnya penyebab komputer mati sendiri bisa disebabkan oleh adanya file software yang corrupt sehingga windows tidak dapat menemukan file yang dicari sehingga pada akhirnya komputer mati sendiri untuk memberi tanda kalau ada masalah dengan komputer untuk penyebab ini langkah yang saya ambil adalah dengan cara mengistall ulang sistem operasi untuk mengembalikan kembali file file yang sudah corrupt. Masih belum teratasi ?

Ini langkah terkahir yang saya lakukan dan alhamdulillah cara ini berhasil penyebanya adalah hardware, untuk hardware ini banyak cara yang bisa dilakukan dan akan membutuhkan dana untuk menggantinya untuk untuk cerita ini cara yang saya ambil adalah dengan cara mengecek kabel kabel yang terdapat didalam CPU dan saya mencoba mengganti kabel SATA yang terhubung ke harrdisk kemudian saya coba lihat hasilnya sampai sekarang komputer yang terkena kasus ini sekarang sudah kembali berjalan dengan normal.

Untuk kasus kalian yang belum selesai setelah mencoba langkah yang saya paparkan diatas ada beberapa lagi penyebab yang mungkin terjadi terutama masalah hardware :

  • Harrdisk Bad Sector > Kalian bisa memperbaikinya dengan software management harddisk misalnya saya kasih contoh Harddisk Sentinel tetapi apabila kerusakan bad sector sudah parah sekali makan yang terjadi adalah masuk point ke 2
  • Masalah Harddisk, RAM, Motheboard, Power Supply > Untuk penyebab ini mau tidak mau harus menggantinya dengan yang baru. LEMBIRU (Lempar Beli Yang Baru).



EmoticonEmoticon