Saturday, 16 December 2017

Mengatasi Error Authetications Failure Pada Mesin Fingerprint

Kali ini kita akan bercerita sedikit masalah yang tak pernah kunjung selesai dan tak pernah ada bosanya untuk selalu dibahas dari sejak dulu “Waahh mantep nih, apaan tuh” Hujan bro “whats ? kok hujan kan biasanya juga cerita informasi teknologi” eits tenang dulu bro memang kali ini saya akan membahas hujan tapi tahukah kalian dengan terjadinya hujan ini semua aspek juga bisa terpengaruh termasuk teknologi.

Masuk musim hujan disaat seperti sekarang ini membuat beberapa bagian daerah menjadi titik rawan terkena bencana banjir dan hal itu disebabkan karena banyaknya sampah di aliran sungai yang mengakibatkan penumpukan sampah dibawah kolong jembatan dan menghambat aliran sungai saat hujan.

Banjir juga dialami ditempat saya, sampai sampai ketinggian air bisa mencapai lutut orang dewasa sehingga membuat aktivitas saya sehari hari menjadi terhambat juga, tapi yang lebih parah lagi adalah aktivitas kerja karena setiap hari saya harus menerobos genangan banjir untuk bisa sampai di tempat saya berkerja.

Kemudian di suatu hari pada sore hari hujan mulai turun dan tidak tanggung tanggung hujan terus terusan mengguyur semua tempat didaerah sekitar tempat saya berkerja sampai pagi buta dan membuat luapan air terus menggenang dan naik ke permukaan jalan bahkan ada juga yang sampai masuk kedalam ruangan. Dengan kondisi seperti itu otomatis membuat semua orang khawatir akan terjadinya konslet dan pada akhirnya mereka memutuskan untuk mencabut beberapa kabel yang terkena air seperti kabel komputer dan kabel fingerprint “nah sudah mulai kelihatan nih topik informasi teknologinya”.

Keesokan harinya sebuah pesan masuk kedalam ponsel genggam saya pesan tersebut memberitahukan saya kalau di tempat saya berkerja ada satu perangkat yang tidak berjalan dengan normal, mesin fingerprint tiba tiba tidak bisa digunakan aktivitas memasukan ataupun mengambil data semuanya gagal dan muncul sebuah pesan error dilayar mesin fingerprint dengan tulisan Authentications Failure.

Dari situ langsung saja saya berangkat menuju ke tempat kejadian perkara untuk mengechek kondisi dari fingerprint tersebut setibanya disana hal pertama kali saya periksa adalah internetnya karena kebetulan saat itu internetnya juga sedang dalam gangguan setelah internet berjalan kembali dengan normal tetapi untuk mesin fingerprint masih belum ada perubahan alias error.

Langkah kedua yang saya ambil adalah dengan mengecek perkabelan mau itu kabel power maupun kabel jaringan dan hal ini tidak ada masalah dalam pengkabelan, ini membuat saya heran juga karena keadaan mesin fingerprint masih belum berjalan normal. Langkah ketiga saya mencoba untuk merestart mesin fingerprint dengan menekan tombol power dan lagi lagi langkah ini tidak membuahkan hasil karena tombol tidak berfungsi dan tidak merespon sama sekali.

Kemudian saya coba untuk browsing dan bertanya kepada mbah google bagaimana cara mengatasi kasus yang saya hadapi ini tapi tidak ada satupun jawaban yang memiliki kesamaan dengan kasus ini. Dengan begini tinggal hanya satu pilihan yang belum saya coba yaitu dengan cara mematikan paksa mesin fingerprint caranya dengan mencabut kabel power dan juga mencabut baterai.
Selesai mematikan paksa mesin fingerprint saya coba kembali menghidupkanya dan alhamdulillah setelah saya matikan dan menghidupkanya lagi, mesin fingerprint sudah bisa digunakan dan kembali berjalan dengan normal.

2 Minggu kemudian tepatnya kemarin lagi lagi kembali terjadi gara gara banjir saya tidak bisa pulang kerumah karena terhadang oleh banjir dan memaksa saya menunggu hingga pagi sampai banjir benar benar surut dan jalan bisa dilewati oleh kendaraan.

Tks.


EmoticonEmoticon