Mengatasi Printer Error Dengan Tanda Sinyal Lampu Kuning Berkedip 5 Kali

Berbeda dengan tulisan sebelumnya yang biasa saya buat, supaya tulisan ini bukan sekedar bercerita tetapi juga sebagai media sillaturahmi biar berkah heheh, maka kali ini saya terlebih dahulu ingin mengucapkaan terima kasih kepada kalian semua yang telah bersedia berkunjung ke website ini dan semoga kalian yang telah bersedia mampir kesini diberikan kemudahan dan kebahagiaandalam segala urusan baik dunia maupun akhirat. Amiiin...

Baik untuk tulisan kali ini saya  akan membagikan sebuah cerita atau lebih tepatnya pengalaman yang dialami oleh saya sendiri mengenai bagaimana cara saya mengatasi sebuah masalah yaitu printer yang error dengan memberikan tanda lampu kuning berkedip 5 kali. Caranya kedipin lagi aja 5 kali heheh.

Oke serius ceritanya sudah lama pada waktu itu ada sebuah komplain yang ditunjukan kepada saya karena printer yang baru saja diisi ulang cartridgenya tidak terbaca atau error dan mengeluarkan sinyal atau kode lampu kuning berkedip 5 kali, awalnya saya bingung kenapa bisa begini dan ditambah lagi orang yang pada saat itu mengisi cartridge printer bukaanlah saya melainkan orang lain sehingga saya tidak tahu penyebabnyaa apa. Apakah karena rusak cartridgenya atau karena kesalahan dalam waktu saat melakukan pengisian ulang.

Kemudian langkah yang pertama saya ambil adalah dengan cara merestart printer tersebut supaya settingan printer kembali mencoba membaca cartridge printer yang sudah dipasang tetapi setelah saya melakukan langkah tersebut hasil yang didapat tidak dapat memuaskan saya karena sinyal kode lampu kuning berkedip 5 kali tidak menghilang.

Setelah itu saya coba menyelidiki kembali supaya ketahuan apa biang masalahnya dan pada saat itu juga terbukalaah sedikit bukti peenyebab masalah ini yaitu ternyata terkadang cartridge printer terbaca dan kadang pula tidak tebaca diambilah suatau kesimpulan kalau masalah ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam pemasangan cartridge.

Itu adalah sedikit cerita yang memiliki hubungaan dengan topik yang akan dibahas kali ini.
Bagi kalian yang memiliki kasus masalah seperti cerita diatas saya ingin berbagi sedikit tips yaang saya ketahui untuk mengatasi problem seperti itu. Oke biar tidak panjang lebar langsung saja coba tips yang akan di beberkan dibaawah ini :

  • Pertama adalah coba lakukan pembersihan chip cartridge dengan cara mengelap pelan pelan menggunakan tisue kenapa? karena biasanya saat melakukan pengisian ulang tinta printer, si tinta suka meleber atau menempel ke bagian luat cartridge.
  • Kedua pastikaan cartridge terpasang dengan benar chip harus benar benar menempel ke pin yang berada dibelakangnya saya sarankan tambahkan ganjalan pada saat menutup cartridge supaya si cartridge terdorong dan menyentuh pin belakang dengan rapat.
  • Ketiga yaitu dengaan melakukan reset jika printer yang kalian gunaakaan adalah merk Canon dan bertipe IP2770 kalian bisa melakukanya dengan cara sebagai berikut :

Matikan dahulu printer >Tekan tombol rresume dan tahan  > Tekan tombol power sampai menyala hijau dan tombol resume jangan dulu dilepas > lepas tombol resume tetapi tombol power jangan di lepas > tekan tombol resume 5 kali dan lampu akan bergantian hijau dan kuning > lepas kedua tombol secara bersamaan.

  • Cara terakhir dan paling mudah yaitu dengan cara mengganti cartridge dengan yang baru.
Semoga cara terakhir ini tidak kalian alami ya karena harus mengeluakan biaya untuk cara terakhir ini.

No comments

Powered by Blogger.