Pengalaman Memperbaiki Tinta Printer Yang Macet

Pada tulisan sebelumnya mengenai cerita tentang permasalahan yang saya hadapi dengan printer error sambil diiringi oleh sinyal lampu resume menyala berwarna kuning dan berkedip 5 kali, jika kalian pernah baca pasti sudah tahu akhir dari cerita tersebut yang memiliki ending yang baik alias happy ending karena saya berhasil mendapatkan jalan keluar dari masalah tersebut. Tunggu!!! Tapi ternyata itu bukanlah akhir dari cerita tersebut setelah saya berhasil mendapatkan jalan keluar dari masalah printer error pada saat itu juga saya mendapatkan masalah yang baru yaitu printer atau lebih tepatnya cartridge tinta printer menjadi tidak bisa mengeluarkan tinta sama sekali semua hasil cetakan blank tidak ada tinta setetes pun atau bahasa yang lebih sederhananya bisa disebut tinta printer macet.

Masalah baru ini sangat menyusahkan sekali bagi saya sebagai seorang pemula yang baru terjun ke dunia IT Teknikal Support saya beberapa kali mencoba terus dan terus mengatasi masalah ini dengan memakai software maintenace bawaan dari driver printer dan hasilnya nihil tinta masih tetap tidak keluar dari kepala cartridege selanjutnya saya berpikir apakah mungkin karena tintanya kosong dan mencoba untuk mengisi kembali refil tinta sampai sampai tinta meleber keluar dari cartridge dan hasilnya sama saja dengan langkah pertama yang saya lakukan.

Akhirnya saya menyerah untuk memperbaiki atau melanjutkan kasus ini dan menyerahkan permasalahan ini kepada senior saya yang lebih berpengalaman mengenai permasalahan printer. Berminggu minggu berlalu dan akhirnya ada penjelasan dari senior saya tersebut kalau kasus printer ini sudah selesai teratasi. Tanpa lama lama saya langsung saja mencobanya, memang tinta printer keluar akan tetapi hasil dari cetakan tetap saja tidak memuaskan karena hasilnya bergaris garis dan mengakibatkan cetakan tidak terlihat dengan jelas.

Dengan hasil yang bergaris garis seperti itu memaksa saya untuk mengambil kembali kasus ini dan langkah pertama yang saya ambil untuk kasus ini yaitu dengan kembali melakukan maintenance printer memakai software bawaan dari driver printer dan hasilnya makin PARAH yang asalnya hasil cetakan bergaris garis berubah menjadi blank kembali alias tinta menjadi tidak keluar kembali.

Kasus ini benar banar membuat saya kehabisan cara untuk menyelesaikan permasalahan ini dan kepikiran untuk segera mengganti cartridge dengan yang baru. Tapi sebelum itu karena ini sudah tanggung dan sebelum membeli atau mengganti dengan cartridge baru, saya ingin melakukan eksperimen terlebih dahulu dengan satu tips dari sebuah webasite yang saya kunjungi, tips ini agak sedikit nyeleneh menurut saya yaitu dengan cara merendam head cartridge kedalam air panas, aneh bukan ?, perlu di ingat yaa bukan keseluruhan bagian cartridgenya melainkan hanya head cartridgenya saja.

Dan langkah ini pun saya ambil dengan merendam head cartridge berulang kali sampai head cartridge bersih dan tidak mengeluarkan tinta lagi setelah selesai dengan merendam cartridge selanjutnya di diamkan sampai kering lalu dilanjutkan dengan mengisi ulang tinta kembali karena setelah direndam semua tinta didalam cartridge terbuang dan bercampur dengan air panas yang digunakan untuk merendam.

Setelah saya mengisi ulang tinta lagi lagi masalah terjadi karena pada saat head cartridge berkenaan dengan permukaan yang dapat menyerap cairan seperti tisue/kain, Tinta pun ikut terserap ke tisue/kain tersebut seolah olah seperti menandakan kalau cartridge bocor. Masih belum puas dengan eksperimenya, saya lanjutkan lagi dengan menempelkanya kepala cartridge ke banyak tisue agar semua tintanya keluar kembali.

Dua jam saya melakukan eksperiment ini dan hasilnya tinta masih terus terusan keluar dari head cartridge apabila bersentuhan dengan tisue, tapi dengan ini bukan berarti eksperiment saya gagal karena belum saya coba memasangya ke printer dan mengetest hasil cetakanya.

Untuk membuktikan jikalau eksperiment ini berhasil saya coba untuk memasang cartridge ke printer dan mencoba mencetak, bagaimana hasilnya ?

Hasilnya luar biasa tinta tercetak dengan baik dan jelas kedalam kertas berarti dengan ini eksperiment saya berhasil dan kasus ini saya tutup sampai disini.


Tks.

No comments

Powered by Blogger.