Wednesday, 3 January 2018

Mengatasi Tidak Bisa Install Windows Karena The Disk Of The GPT Partition Style

Di dalam website ini pernah sekali saya membahas mengenai cara bootable Operation System kedalam media penyimpanan yaitu flashdisk dengan cara menggunakan aplikasi tambahan dengan nama rufus nah pada saat saya membahas kasus tersebut kondisi yang sedang terjadi adalah saya ingin menginstall windows 7 dengan menggunakan flashdisk dan pada akhirnya hasilnya memuaskan karena berhasil mengatasi kasus tersebut.

Dilain waktu saya punya satu kasus lagi dengan kondisi yang berbeda yaitu saya ingin menginstall windows 10 dengan menggunakan flashdisk, mula mulanya proses berjalan lancar ketika melakukan bootable Operation System kedalam flashdisk dengan menggunkan aplikasi rufuf tetapi kendala mulai muncul pada saat proses installasi windows 10 nya di dalam monitor mengeluarkan sebuah pesan sebagai berikut “Windows Cannot Be Installed To The Disk Is Of The GPT Partition Style”.

Dari sini saya beranggapan kalau error ini disebabkan dari kesalahan software Operation System yang ada didalam flashdisk karena saya sering mendapatkan error yang serupa. Selanjutnya saya mencoba untuk mengupdate aplikasi rufus menjadi ke versi yang terbaru karena biasanya dengan update rufus masalah bootable flashdisk bisa teratasi. Setelah update rufus tampilah aplikasi menjadi sedikit berbeda ada beberapa settingan baru yang muncul dari versi ini, saya menemukan settingan ...


Didalam settingan tersebut terdapat GPT partition scheme for UEFI dan saya memilih settingan tersebut. Kenapa ? saya juga tidak tahu kenapa karena pada saat itu dalam pikiran saya terlintas GPT sesuai dengan error yang muncul pada saat installasi, Bootable pun saya coba kembali dan Proses install ulang pun juga saya ulangi kembali dengan settingan bootable flashdisk yang terbaru.

Dan lihat apa yang saya dapat ternyata cara ini berhasil menghilangkan error “Windows Cannot Be Installed To The Disk Is Of The GPT Partition Style” sehingga proses installasi bisa saya lanjutkan sampai selesai. Bagi kalian yang mendapatkan kasus serupa seperti diatas kalian bisa mencoba cara dalam cerita tersebut.

Selesai...

Belum!!! ceritanya belum selesai sampai situ aja, saya terpikir akan kasus ini kenapa bisa terjadi masalah teringat waktu dulu juga saya pernah melakukan install OS dengan cara yang sama persis tetapi tidak mengalami kendala.

Oke ini sedikit imajinasi dari saya maaf jikalau ada kesalahan mohon dikoreks yai, kemungkinan dalam kasus ini komputer yang akan saya install ulang memiliki format partisi harddisk dengan tipe GPT sedangkan bootable flashdisk yang saya gunakan bertipe MBR. Kesimpulanya untuk installasi operation system lewat flashdisk yaitu tipe partisi harddisk yang digunakan harus sama dengan tipe partisi bootable flashdisk yang dipakai.

Misal : Harddisk MBR = Flashdisk MBR, Harddisk GPT = Flashdisk GPT Begitu pun sebaliknya Flashdisk GPT = Harddisk GPT, Flashdisk MBR = Flashdisk MBR.

Bonus untuk kalian yang sudah membaca cerita ini dari awal sampai akhir tetapi tidak mengerti apa itu MBR, Apa itu GPT, Apa itu Rufus dll. Kalian bisa membaca penjelasanya dari beberapa sumber yang saya rekomendasikan.

Dan Terakhir yang paling saya rekomendasikan sekali karena ini juga adalah hasil buah tangan saya sendiri http://www.arphaworb.net/2017/12/cara-membuat-bootable-usb-windows.html

Download aplikasi rufus terbaru yang saya gunakan disini.

Tks.


EmoticonEmoticon