Masalah Printer Laserjet dan Solusinya

Waktu anda berada dibangku sekolah pasti pernah mendengar sebuah printer dengan tipe laserjet atau toner, tetapi printer tipe laserjet ini tidak terlalu banyak di temukan atau digunakan oleh beberapa orang semisal contohnya oleh abang abang fotocopyan yang menyediakan jasa print atau oleh anak anak mahasiswa alasanya karena printer tipe laserjet ini di design untuk digunakan pada lingkungan dengan beban pekerjaan yang cukup berat semisal seperti perusahaan perusahaan besar yang memang dituntut untuk bekerja cepat.

Karena printer ini dituntut untuk bekerja cepat maka dengan seiring waktu printer laserjet ini pasti akan mengalami beberapa masalah dan masalah printer laserjet ini agak tidak bisa sembarangan orang yang bisa memperbaikinya harus dengan pengetahuan yang cukup mengenai printer tersebut maka dari sisi pemakaian pun harus lebih hati hati sekali.

Oke kenapa hari ini mimin membahas printer laserjet ? ya karena mimin ngerasa printer laserjet yang ada di kantor mimin sering sekali bermasalah maka dari itu mimin mau sharing pengalaman mimin selama pake printer laserjet apa aja sih masalah yang pernah mimin alami dan bagaimana saja sih solusi untuk memperbaikinya, Oh ya printer laserjet yang digunakan oleh mimin adalah Fuji Xerox P255 DW.

Paper Jams (Kertas Terjepit) Paper jam merupakan masalah yang paling banyak muncul, paper jam terjadi bisa diakibatkan oleh kotor, jenis kertas yang tidak sesuai, atau roller penggerak kertas yang rusak. Solusinya : Buka tutup cover belakang dan tarik juga penjepit kertas agar kertas dapat ditarik kemudian tariklah kertas searah dengan arah keluarnya kertas kemudian jangan lupa juga bersihkan roller roller serta sisi dalam mesin dengan menggunakan kain yang lembut dan satu hal lagi cobalah untuk memakai kertas yang sesuai dengan settingan printer tersebut misalnya F4 atau A4.

Kertas Menggulung Di Dalam Masalah ini hampir mirip dengan paper jams tetapi posisi kertas sudah bukan terjepit lagi  melainkan sudah menggulung di roller penyebabnya roller kotor atau rusak. Solusinya : Untuk mengatasi masalah ini saya sarankan untuk berhati hati saat mengeluarkan kertas jangan menggunakan benda yang keras dan tajam karena bisa merusak drum didalamnya saran saya cara melepas kertasnya yaitu dengan cara membongkar cover bagian atas kemudian mengeluarkan kertasnya dengan hati hati dan pastikan jangan sampai ada kertas yang ketinggalan.

Hasil Jelek atau Tinta Tidak Menempel Dengan Baik Hal ini mungkin bisa terjadi akibat beberap hal bisa saja karena ada sisa kertas yang tergulung atau bisa juga karena toner yang meluber atau sudah jelek. Solusinya : Pertama bersihkan terlebih dahulu semua komponen yang terlewati oleh kertas dengan kain lembut kemudian bersihkan juga bagian tempat toner disimpan karena biasanya ada serbuk toner yang berceceran jika langkah tersebut masih belum bisa memperbaikinya cobalah untuk mengganti toner dengan yang baru jika masih belum bisa cobalah mengecek apakah ada sisa kertas yang menggulung didalamnya dan cek juga keadaan drum apakah dalam keadaan baik atau tidak (mulus tidak ada goresan atau cacad pada drumnya).

Toner Tidak Terbaca atau Toner Minta Di Replace Padahal Masih Baru Kalau masalah ini mimin baru saja mengalaminya nih masalah ini terjadi akibat dari pemasangan toner yang kurang hati hati yang dapat mengakibatkan kawat konektor penghubung bengkok dan sedikit berada diluar posisinya. Solusinya : Anda harus bisa menemukan posisi toner yang pas dengan kawat konektor (ingat jangan coba coba membengkokan kawat konektornya karena bisa saja kawat tersebut patah). 

Nah itulah beberapa masalah yang pernah mimin alami ketika memakai printer laserjet dengan merk Fuji Xerox P255 DW dan alhamdulillah sampai sekarang printer mimin sudah sehat kembali dan siap untuk di pakai bekerja berat dan cepat, Mimin minta maaf kalau penjelasanya kurang lengkap karena mimin juga bukan ahlinya printer laserjet hehe mimin hanya sekedar berbagi pengalaman saja siapa tau bisa sedikit membantu masalah printer laserjet yang sedang anda alami.

Oh ya apabila anda mempunyai masalah yang berbeda dengan yang disebutkan diatas dan tau bagaimana cara mengatasinya boleh minta ilmunya dong dang tulis dikolom komentar dibawah ini.

Tks.

No comments

Powered by Blogger.