Tips Bagaimana Cara Melakukan Screenshot Panjang di Android dan Komputer (Long/Scroll Screenshot)

Pada postingan hari ini mimin mau sharing sedikit tips yang tentunya sangat bermanfaat dan sangat membantu sekali untuk menemani aktivitas teman teman sehari hari, tips tersebut yaitu bagaimana cara melakukan screenshot panjang atau long/scroll screenshot pada perangkat android maupun pada perangkat komputer teman teman.

Selama ini yang anda ketahui kalau fitur screenshot hanya bisa dilakukan dalam satu kali tangkapan dan itupun hanya menangkap atau mengambil layar yang sedang aktif atau yang terlihat saja pada layar, anda tidak bisa menangkap konten yang tersembunyi dibawahnya karena memerlukan scroll kebawah dengan keadaan seperti akibatnya untuk dapat menangkap konten secara penuh anda memerlukan screenshot layar beberapa kali dan menyatukanya menjadi satu. 

Sangat tidak praktis sekali jika anda harus melakukan cara diatas anda harus melakukan beberapa tangkapan layar berulang kali kemudian menyambungkanya satu persatu selain itu waktu anda juga terbuang banyak cuma cuma hanya untuk menangkap layar dengan konten penuh.

Maka dari itu mimin mau sharing tips ini melakukan screenshot panjang atau long/scroll screenshot di android maupun di komputer supaya teman teman bisa menjalani aktivitas sehari hari menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Bagaimana caranya ?
Oke come on follow me ....

1. Tips Melakukan Screenshot Panjang atau Long/Scroll Screenshot pada Android

Untuk tips ini mimin kasih solusinya dengan cara menggunakan aplikasi tambahan, aplikasi tersebut bernama "LongShot for long screenshot" teman teman bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di playstore, aplikasi ini ukuranya sangat kecil jadi tidak perlu khawatir langsung saja teman teman download dan install aplikasinya pada android teman teman kemudia buka.

Dan untuk melakukan screenshot dengan aplikasi ini sangat mudah sekali anda hanya perlu menekan tombol Capture Screenshot tapi sebelum itu ceklis auto scroll disampingnya supaya dapat menagkap layar secara otomatis > Setelah menekan tombol Capture Screenshot selanjutnya tekan Start Now > Setelah ini tinggal anda cari dan pilih konten mana yang akan anda ambil dan tekan Start > Otomatis langsung akan menangkap layar panjang kebawah > dan untuk menghentikanya anda hanya perlu menekan layar diatas garis merah yang muncul dilayar > Terakhir jangan lupa Save agar tidak hilang.


2. Tips Melakukan Screenshot Panjang atau Long/Scroll Screenshot pada Komputer

Untuk tips ini biasanya mimin pakai ketika mimin sedang berselancar di internet dan kemudian menemukan konten yang menarik nah disini supaya konten tersebut bisa dibaca ulang oleh mimin tanpa perlu koneksi atau offline mimin screenshot panjang deh. Tips ini mimin menggunakan ekstension pada Google Chrome jadi fitur ini hanya bisa dipakai dan digunakan pada browser Google Chrome saja.

Langsung saja untuk menggunakan tips ini anda buka saja Google Chromenya > Selanjutnya buka ekstensionya disini > Langsung saja anda tekan Add to Chrome > Add Ekstension > Untuk mengaktifkan fiturnya anda bisa menekan tombol capture di pojok kanan atas halam browser goolge chrome.


Begitulah tips untuk melakukan screenshot panjang atau long/scroll screenshot di androi dan komputer sangat mudah sekali bukan ?, dan mulai sekarang teman teman tidak perlu repot repot lagi mengscreenshot layar berulang kali hanya untuk menangkap layar secara penuh karena sekarang sudah mimin kasih tau tipsnya hanya dengan cukup satu kali saja 😀.

Thanks.

No comments

Powered by Blogger.