Mengapa Harus Bahagia

Mengapa kebahagiaan? kebahagiaan merupakan suatu kondisi yang ingin dicapai oleh setiap orang. Setiap orang maupun komunitas menginginkan kebahagiaan. Bahkan lebih tepatnya adalah setiap manusia memiliki hak dasar untuk mengalami kebahagiaan. Hak tersebut dimiliki oleh manusia karena diberikan oleh sang pencipta.
Orang-orang yang bahagia memiliki emosi yang positif yang tercermin dalam cara berpikir yang positif. Mereka yang bahagia umumnya berpikir secara positif. Mereka kreatif, toleran, dan konstruktif. Yang paling penting adalah orang yang bahagia merupakan orang-orang yang baik. Mengapa bisa demikian? Karena ketika kita berpikir secara positif maka tindakan kita juga positif, dan sebaliknya.
Selain cara berpikir yang positif, kebahagiaan juga terkait dengan kesehatan dan umur panjang. Orang yang bahagia cenderung hidup lebih lama. John Gottman seorang pakar di bidang hubungan pernikahan menemukan bahwa pasangan yang tetap menikah, hidup lebih lama empat tahun dibandingkan dengan pasangan yang tidak tetap menikah.
Orang-orang yang bahagia lebih memiliki daya tahan terhadap rasa sakit. Orang yang bahagia memiliki emosi yang positif yang membuat mereka lebih mampu menghadapi peristiwa yang tidak menyenangkan. Mereka cenderung lebih optimis dalam menghadapi situasi sulit dibandingkan dengan orang yang tidak bahagia.
Orang yang bahagia ditandai dengan kepuasan dalam pekerjaan mereka. Orang-orang yang bahagia lebih mampu menetapkan tujuan yang lebih tinggi. Mereka juga terlihat mampu menunjukkan kinerja yang lebih baik. Selain itu mereka juga mampu menyelesaikan masalah dengan baik.
Satu hal yang sangat jelas dan pasti dalam diri orang-orang yang bahagia adalah mereka memiliki lebih banyak teman dibandingkan dengan orang-orang yang tidak bahagia. Orang yang bahagia cenderung untuk menikah daripada hidup sendirian. Selain itu orang yang bahagia juga cenderung lebih terlibat dalam aktifitas kelompok daripada menyendiri. Mihaly Csikszentmihalyi mengatakan orang-orang lebih bahagia ketika mereka bersama dengan orang lain.

No comments

Powered by Blogger.