INGIN TAHU LOGO DAN MASKOT EURO DARI MASA KE MASA

Menggali sedikit memory masa lalu mengenai kemegahan piala euro yang di ikuti oleh negara–negara besar yang ada di benua biru.
Sejarah piala eropa sebenarnya bermula dari ide skretaris federasi sepak bola prancis (FFF) yaitu Henri Delaunay pada akhir decade 1920-an. Kala itu, ia melihat ada kepincangan di antara 2 kutub, yaitu negara-negara America latin yang terlalu kuat bagi eropa. Yang sejak itu  Uruguay di tunjuk sebagai tuan rumah piala dunia I karena keberhasilanya dua kali meraih mendali emas di olimpiade 1924 dan 1928. Namun hal ini tidak digubris oleh UEFA (persatuan sepak bolanya eropa). Dan malah menggelar kejuaran antar klub eropa yang di kenal sebagai piala champion.
Hal ini membuatnya kecewa, hingga jatuh sakit dan meniggal pada tahun 1955 dan hal ini mengejutkan jajaran pengurus UEFA, sehingga ide lawasnya pun disetujui. Kongres juga menyetujui prancis sebagai tuan rumah piala euro 1960 sebagai bentuk penghormatan kepada Delauney.
Sejak saat itu, setiap 4 tahun sekali UEFA menggelar perhelatan piala dunia ini. Perkembangan dari perhelatan akbar itu pun terus terjadi.
Euro 1960
Logo :


Berbentuk bendera berkibar dengan warna biru, putih, dan merah yang merupakan warna bendera Prancis dan tulisan UEFA 60 dibawahnya.
Maskot : -----
Euro 1964
Logo :

Hampir sama dengan logo sebelumnya hanya saja warna bendera yang berbeda yaitu warna bendera negara Spanyol yang merupakan tuan rumahnya.
Mascot : -----
Euro 1968
Logo :

Sama dengan sebelumnya tetapi dengan warna bendera Italy.
Mascot : -----
Euro 1972
Logo :

Sama dengan sebelumnya tetapi dengan warna bendera German.
Mascot : -----
Euro 1976
Logo :

Sama dengan sebelumnya tetapi dengan warna bendera Yugoslavia.
Mascot : -----
Euro 1980
Logo :

Sama dengan sebelumnya tetapi dengan warna bendera Italy.
Mascot :

Mascot pertama di piala eropa bernama pinokio berhidung panjang berwarna bendera Italy, berbadan kayu memegang bola dan bertopi bertuliskan europa 80.
Euro 1984
Logo :

Sama dengan sebelumnya tetapi dengan warna bendera Prancis.
Mascot :

Mascot ayam jantan putih berkaos biru dan berjambul merah yang melambangkan kebanggaan Prancis dan bertuliskan 84 di dadanya.
Euro 1988
Logo :

Sama dengan sebelumnya tetapi dengan warna bendera German.
Mascot :

Mascot kelinci sedang bermain bola berkostum baju hitam, celana merah, berkaos kaki oranye dan memakai ikat di kepalanya.

Euro 1992
Logo :

Sama dengan sebelumnya tetapi dengan warna bendera Swedia.
Mascot :

Mascot yang sama dengan tahun sebelumnya namun bernama Rabbit dan memakai kostum berwarna bendera Swedia.
Euro 1996
Logo :

Mempunyai logo yang berbeda dengan sebelumnya yaitu bentuk bola dan di tengahnya ada orang sedang bermain bola dan bertuliskan UEFA EURO 96 England di bawahnya.
Mascot :

Mascot berbentuk singa atau lion bernama Goliath yang merupakan julukan negara Inggris dan memakai kostum berwarna hitam biru sambil memegang bola.
Euro 2000
Logo :

Mempunyai logo berupa bendera Belgia & Belanda berbentuk manusia sedang bermain bola dan bertuliskan UEFA EURO 2000 di bawahnya.
Mascot :


Mascot ini sangat unik berbentuk gabungan setan dan singa memegang bola bernama Lucky dan berbulu berwarna bendera kedua negara tuan rumah.
 Euro 2004
Logo :

Mempunyai logo berbentuk love dengan bola di tengahnya dan bertuliskan UEFA EURO 2004 Portugal di bawahnya.
Mascot :


Mascot berupa manusia sedang bermain bola bernama Kinas dengan memakai baju timnas Portugal bertuliskan 04 di dadanya.
Euro 2008
Logo :

Untuk logo ini saya tidak tahu jelas berbentuk apa yang saya lihat seperti tali atau tangan memegang bola dan bertuliskan UEFA EURO 2008 Austria-Switzerland di bawahnya.
.
Mascot :


Mascot berupa anak kembar memakai kostum merah putih bergandengan yang bernama Trik baju putih bertuliskan 20 dan Flik baju merah bertuliskan 08.
Euro 2012
Logo :

Logo berbentuk 2 buah bunga berwarna bendera Polandia dan Ukraina dan diatara bunga terdapat bola bermotif bunga dan bertuliskan UEFA EURO 2012 Poland-Ukraine di bawahnya.
.
Mascot :


Mascot berupa anak kembar memakai kostum timnas kedua tuan rumah sedang berebut bola.
Euro 2016
Logo :

Logo berbentuk bulatan dengan piala di tengahnya berwarna bendera Prancis dan bertuliskan UEFA EURO 2016 France di bawahnya.
.
Mascot :


Dan maskotnya seorang anak kecil berbaju timnas Prancis bernomor 16 dan memakai jubah seperti superhero sedang bermain bola.

Jadi itulah beberapa perkembangan logo dan mascot piala eropa dari masa ke masa.











1 comment:

  1. I truly like you're composing style, incredible data, thankyou for posting. check this site

    ReplyDelete

Powered by Blogger.