Cara Menerjemahkan File PDF Berbahasa Asing Menjadi Bahasa Yang Kita Pahami


Bagi kalian yang sedang mencari referensi berbentuk PDF tapi terkendala dengan bahasa yang tidak kalian pahami semisal bahasa inggris kalian tidak perlu khawatir dan membiarkan referensi tersebut karena tidak kalian pahami.

Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya ketika sedang mencari referensi tentang buku petunjuk sebuah mobil setelah beberapa situs saya jelajahi akhirnya saya menemukan satu buah buku referensi mobil namun setelah saya download dan saya buka ternyata teks yang terdapat dalam buku referensi berbentuk PDF itu memakai bahasa yang tidak saya mengerti yaitu bahasa inggris.

Akhirnya saya pun kembali mencari lagi referensi buku tersebut dalam bahasa indonesia di situs yang lain dan hasilnya nihil alias tidak ada semuanya berbahasa inggris. Satu dua hari berlalu karena saya berkerja dibagian IT saya sering baca baca tutorial seputar trik komputer dan teknologi.

Dan ternyata saya menemukan sebuah artikel yang sangat membantu sekali dalam masalah yang saya hadapi yaitu cara menstranslate file PDF kedalam bahasa apapun yang kita inginkan. Dengan menggunakan google translate.

Saya langsung mencari kembali file buku referensi tentang mobil yang telah saya download beberapa hari yang lalu dan menstranslatekanya kedalam bahasa indonesia dan hasilnya berhasil referensi tersebut yang mulanya memakai bahasa inggris berubah menjadi bahasa yang saya pahami.

Itu sedikit cerita pengalaman saya tentang asal muasal topik tulisan ini.

Untuk mempersingkat waktu langsung saja kita bahas bagaimana cara melakukanya :

1. Siapkan referensi file yang ingin kalian translatekan (besarnya file maximal 5 Mb).
2. Buka Google Translate.
3. Setelah terbuka jendela google translate, dibagian bawah kotak ada tulisan "terjemahkan dokumen" 4. Pilis tulisan tersebut dan kalian akan disuruh untuk menupload file yang akan ditraslate.
5. Kemudian terjemahkan maka file referensi yang kalian upload akan diterjemahkan kedalam bahasa yang kalian inginkan.

Oke itu dia step by step untuk menstranslate file kedalam bahasa yang kalian pahami.
Meskipun sedikit namun saya berharap bisa membantu permasalahan yang kalian miliki.

Tks.

No comments

Powered by Blogger.