Wednesday, 22 November 2017

Cara Memaksimalkan Traffic Blog Dengan Menggunakan MailChimp

Artikel ini adalah kelanjutan artikel yang sebelumnya pernah saya posting yaitu mengenai GetSiteControl, Buat Widget Menjadi Lebih Menarik maka dari itu saya sarankan kalian untuk membaca artikel tersebut terlebih dahulu agar dapat mengikuti pembahasan saya hari ini dengan lancar.

Seperti yang sudah saya jelaskan dalam artikel tersebut kalau dengan menggunakan tools getsitecontrol kita bisa membuat widget menarik untuk blog atau website kita dan salah satu widget yang bisa kalian dapatkan pada tools getsitecontrol adalah widget subscriber, ya widget subscriber adalah sebuah fitur untuk para pengunjung website supaya bisa berlangganan artikel terbaru dari website tersebut.

Nah sudah saya jelaskan pula dalam artikel diatas kalau dalam website ini sudah saya pasangi dengan widget widget dari getsitecontrol termasuk widget subscriber. suatu hari saya mencoba berlangganan website saya sendiri dengan menggunakan email saya yang satunya lagi dan berharap akan ada pemberitahuan artikel terbaru dari website saya sendiri dan ternyata meskipun saya sudah memposting artikel terbaru tidak ada pemberitahuan sama sekali kepada email saya yang satu lagi tersebut.

Saya merasa kalau widget subscribe dari getsitecontrol ini tidak berguna karena tidak bisa memberi tahukan kepada pelangganya kalau ada artikel terbaru dari website saya dan hanya memberitahu kepada saya saja kalau ada subscriber baru dengan rincian datanya. Singkat cerita tadi pagi saya sedang mencari cari tools di mbah google untuk mendukung website saya dan saya menemukan tools yang namanya mailchimp.

Jadi ceritanya tools  mailchimp ini tools yang dapat mempromosikan produk kalian kepada banyak orang dengan menggunakan email secara otomatis atau bisa disebut juga email marketing, keren bukan? dengan begini apabila kalian menggunakan tools ini maka kalian bisa mempromosikan website dan produk kalian kepada banyak orang yang sudah kalian targetkan.

Lalu apa hubunganya dengan artikel tentang getsitecontrol?, diatas dijelaskan kalau widget subscribe yang berasal dari getsitecontrol tidak bisa memberitahukan kepada pelanggan website kalau ada artikel terbaru hanya memberikan informasi subscribernya saja, dengan begitu untuk melengkapi kekurangan tersebut saya mencoba menggabungkan kedua tools ini supaya bisa memebritahukan kepada pelanggan website kalau ada artikel terbaru dari website.

Getsitecontrol memberikan informasi pelanggan dan mailchimp mengambil informasi tersebut untuk alamat pengiriman info artikel terbaru dari website lewat email, kira kira seperti itulah hubunganya.

Dan untuk menggabungkan kedua tools tersebut agar dapat berintegrasi dan berkerja sama untuk memaksimalkan traffic atau memaksimalkan produk, kalian bisa ikuti langkah langkah yang akan saya jelaskan dibawah ini :


  • Buatlah widget subscribe pada getsitecontrol caranya sudah saya jelaskan pada artikel GetSiteControl, Buat Widget Menjadi Lebih Menarik.
  • Dengan widget ini kalian akan mendapatkan data informasi orang yang berlangganan pada website kalian.
  • Download data subscriber dari getsitecontrol yang nantinya akan dimasukan pada tools mailchip.
  • Selanjutnya kalian buatlah akun mailchimp dengan masuk ke website mailchimp dan ikuti perintah yang diberikan. www.mailchimp.com
  • Setelah berhasil signin, sekarang kalian coba login kedalam akun mailchimp
  • Setelah berhasil login dan masuk ke dashboard mailchimp pilihlah menu list > create list.
  • Apabila selesai membuat list selanjutnya mensetting list yang sudah dibuat dengan menambahkan kontak subscriber dengan cara add contact > add a subscriber.

  • Untuk menambahkan contact subscriber kalian bisa mengisi form seperti gambar di bawah dengan data subscriber yang sudah di download pada getsitecontrol.
  • Selesai menambahkan contact subscriber sekarang kita pindah ke menu campaigns pilih menu campaigns > add an email.

  • Maka akan masuk kehalaman seperti pada gambar dibawah untuk mengatur pesan email yang akan dikirimkan.


Beres semua di atur, kalian tinggal pilih send atau kirim maka pesan yang sudah kalian buat untuk memberitahu pelanggan akan dikirimkan kesemua contact pelanggan yang sudah kalian masukan.

Selesai, caranya memang agak begitu rumit tapi apabila dengan niat bersungguh sungguh pasti akan bisa dilakukan dengan benar.

Terakhir apabila kalian masih bingun dengan pembahasan diatas atau mengalami kendala dalam pengaplikasian silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah semoga saja saya bisa menbantu.

Tks.


EmoticonEmoticon