Mengatasi Komputer Agar Tidak Mati Sendiri Ketika Ditinggal Pergi


Kali ini saya akan kembali berbagi pengalaman seputar dunia IT, pengalaman ini sebenarnya cukup lama saya alami dan berkali kali namun baru kali ini saya mencari tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Baik ceritanya saya mulai sekitar 3 atau 4 minggu yang lalu saja karena itu adalah kejadian yang paling dekat dengan topik yang akan saya bahas kali ini, waktu itu saya mendapatkan perintah dari atasan untuk mengirimkan sebuah file yang berukuran cukup besar dan harus dikirim dalam waktu 10 menit.

Menurut pikiran saya hal itu sangatlah mustahil untuk dilakukan dan akhirnya tugas tersebut tidak dapat saya selesaikan sehingga mengakibatkan munculnya kata yang menurut saya kurang nyaman. Kemudian saya memutuskan untuk lembur pada hari itu untuk menyelesaikan tugas yang belum selesai tersebut untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Karena ukuranya cukup besar dan tidak bisa dikirim melalui aplikasi yang biasa saya memutuskan menyelesaikanya dengan cara mengupload kedalam google drive dan waktu yang dibutuhkan untuk mengupload file sebesar itu adalah 9 jam lamanya pada akhirnya selama 9 jam itu saya tidak bisa meninggalkan laptop karena takut laptop mati atau sleep sendiri dan proses upload bisa menjadi gagal.

Dari cerita saya diatas muncul pertanyaan kenapa komputer bisa mati atau sleep sendiri dan bisa mengakibatkan proses upload menjadi gagal. Bagi kalian pengguna sistem operasi windows ketika kalian menggunakan sistem operasi windows secara default kalian akan masuk kedalam mode sleep jika PC/Laptop kalian didiamkan dalam waktu tertentu. Mode ini dirancang untuk menghemat konsumsi power pada PC atau Laptop.

Meskipun itu bagus karena dapat menghemat konsumsi power tapi ada kekuranganya pada saat mode sleep sistem akan menyimpan segala aktifitas di dalam RAM dan pada akhirnya PC atau Laptop berjalan pada konsumsi power daya yang rendah pada saat yang bersamaan biasanya sistem juga akan mematikan atau memutuskan koneksi internet yang dapat mengakibatkan gagalnya upload atau download.


Maka dari itu jika kalian ingin melakukan aktifitas download atau upload dengan ukuran yang besar dan tidak bisa terus menunggu didepan komputer maka saya sarankan untuk mensetting PC atau Laptop kalian agar tidak mati atau gagal ketika mendownload atau mengupload.

Bagaimana caranya langsung saja ini dia cara mengatasi komputer agar tidak mati sendiri ketika kalian tinggal pergi.

1. Buka Control Panel & cari Power Option.
2. Berikutnya pilih menu Choose when to turn of the display.
3. Selanjutnya pada bagian Turn off the display & Put the computer to sleep kalian setting menjadi never, seperti gambar dibawah.
4. Save.

Dengan begitu PC atau laptop kalian tidak akan mati atau pun terputus dari koneksi internet meskipun kalian tinggal pergi, makan, bahkan tidur.😊

Tks

3 comments:

  1. sangat bermanfaat gan. Kadang ada klo pas download lama gk bisa ditinggal. Pas ditinggal Sleep ikut berhenti downloadnya.. terima kasih

    ReplyDelete
  2. Mantap gan... kelihatan sepele... tapi klu tidak tahu bakalan dibuat bingung wkwkwkwkwk... bisa berjam2 mengotak ngatik komputernya... cuma baca blog ini 2 menit beres.... hehehehe...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.