Cara Merubah Iklan Adsense Menjadi Responsive Di Semua Perangkat Device

jumpa jumpa dan jumpa kembali bersama admin.
simata minimalis dan hidung ekonomis hhhh😁. "Karin SUCA 3"

Sabtu kemarin saya menjawab sebuah pertanyaan di salah satu forum forum yang membahas mengenai adsense dengan so pintarnya saya menjawab pertanyaan tersebut dengan mantav seperti mastah mastah di forum tersebut padahal sebenarnya saya juga seorang newbie yang hanya pintar browsing di mbah google hhhh😁

Mungkin karena jawaban saya yang meyakinkan seperti seorang ahli yang sudah berkutat di dunia adsense bertahun tahun lamanya, ada seorang member yang meminta nomor kontak saya untuk sedikit bertanya tanya dan sharing masalah adsense dan blog.

Awalnya saya ragu untuk memberikan nomor kontak saya soalnya postingan tersebut bersifat public sehingga semua orang yang berada di forum tersebut bisa melihat postingan tersebut termasuk nomor kontak saya, yang saya khawatirkan adalah pengalaman yang dulu dulu saat membuat channel youtube tentang tutorial terulang kembali ketika saya memasukan nomor kontak saya pada channel tersebut yang mengakibatkan kontak saya kebanjiran pesan dan panggilan dari pemirsa channel youtube saya.

Tapi demi menjaga ke popularitasan 😎 akhirnya saya memberikan nomor kontak saya agar bisa bertanya dan sharing secara langsung lewat handphone dan alhamdulillah sudah 2 hari berlalu kontak saya tidak kebanjiran pertanyaan 😅.

Setelah tanya jawab meskipun sedikit dan itu pun saya tidak bisa membantu banyak malah kebanyakan saya yang diberikan bantuan atau masukan oleh orang tersebut dan salah satu bantuan atau masukan tersebut adalah dia menyarankan saya untuk merubah iklan yang saya pasang agar lebih responsive apabila di lihat pada perangkat mobile.

Dari sini saya mendapatkan suatu hal yang menarik ternyata untuk menjadi seorang blogger kita harus teliti dan detail untuk segala macam hal masalah mengenai pengelolaan sebuah website meskipun hal tersebut kecil tetapi itu bisa berdampak besar pada penilaian orang, pengunjung bahkan diri sendiri terhadap website yang kita kelola.

Contohnya saja yang saya alami sendiri sebelumnya saya tidak begitu terganggu dengan penampakan iklan yang saya pasang mungkin karena saya kurang peka hhhh😂, tetapi setelah diberitahu, penampakan iklan tersebut menjadi mengganggu penglihatan saya karena iklanya terpotong dan terlihat seperti bukan website proffesional saja, emang bukan proffesional 😁hhhh.

Wah udah panjang lebar nih tapi sabar ya ceritanya belum selesai nih, menurut pepatah orang sabar kan di sayang tuhan 😁 jadi sering sering lah berkunjung kesini biar kesabaranya makin bertambah 😁.

Jadi seorang member yang bertanya via handphone ini memberikan masukan kalau iklan saya ini terpotong apabila dilihat pada tampilan mobile dan menyarankan saya untuk merubahnya agar tampilan iklan menjadi responsive dan tidak terpotong lagi.

Nah ini yang kalian tunggu tunggu, saya akan berbagi tips agar iklan yang kalian pasang menjadi responsive dan tidak terpotong pada tampilan mobile. info tambahan biasanya iklan yang terpotong ini adalah iklan yang memiliki ukuran 90x720 ya.


Contohnya seperti gambar di atas disebelah kanan adalah tampilan iklan yang responsive dan gambar yang disebelah kiri adalah tampilan iklan yang tidak responsive atau terpotong.

Nah terus bagaimana cara merubahnya agar menjadi iklan yang responsive di perangkat manapun, caranya sebenarnya sangat simple sekali ikuti langkah yang saya jelaskan di bawah ini ok.

Ini adalah kode iklan adsense saya dengan ukuran 720x90 dan merupakan kode default dari adsense pertama kali tetapi tampilanya tidak responsive apabila dilihat pada perangkat mobile.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- Header -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:inline-block;width:720px;height:90px"
     data-ad-client="ca-pub-1040099673426530"
     data-ad-slot="5873508632"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Kode di atas ada sebagian teks yang saya warnai menjadi merah itu adalah satu satunya kode yang nanti akan kita rubah agar iklan menjadi responsive.

Selanjutnya rubah dan ganti menjadi apa?

Rubahlah kode merah tersebut menjadi 100% dan hasil akhir kodenya menjadi seperti script dibawah ini.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- Header -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:inline-block;width:100%;height:90px"
     data-ad-client="ca-pub-1040099673426530"
     data-ad-slot="5873508632"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Sudah selesai mudah sekali bukan dan jangan lupa untuk disimpan scriptnya terus cobalah untuk melihat hasilnya pada perangkat mobile.

Selamat mencoba, Tks.

5 comments:

  1. Kira-kira cara seperti ini aman nggak ya gan di mata Google Adsense??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman aman saja gan soalnya saya juga pake dan gk ada masalah sampai sekarang.

      Bisa dilihat di bawah atas tepat dibawah menu

      Delete
    2. Maksudnya posisinya diatas dibawah menu

      Delete

Powered by Blogger.