Cara Mengatasi WIFI Terhubung Tetapi Tidak Bisa Browsing

Di jaman now seperti sekarang ini WIFI adalah segalanya seolah olah hidup tidak berwarna apabila tidak ada WIFI (Mulai Lebay Deh), kemana mana orang pergi pasti selalu mencari dan membutuhkan WIFI. Bahkan tulisan FREE WIFI menjadi daya tarik bagi sebuah tempat usaha atau rekreasi, kalau menurut pribahasa indonesia dimana ada gula di situ pasti ada semut (dimana ada WIFI di situ pasti ada generasi WIFI) pribahasa tersebut memiliki arti Dimana ada banyak kenikmatan, disitu banyak orang berdatangan.

Apalagi anak anak muda sekarang ini yang kebanyakan orang bilang dengan sebutan anak generasi micin mereka sangat bergantung sekali dengan WIFI dan selalu menginginkan koneksi super duper cepat (Lebay) sedikit saja koneksi lambat mereka langsung mengeluh “lemot amat sih WIFI nya” padahal dia sendiri yang membuat WIFI nya lemot karena dipake siaran langsung dimedia social hehehe.

Dari situasi dan kondisi seperti diatas berarti kalian sudah tahu seberapa pentingnya WIFI ini untuk kelancaras aktivitas orang di jaman now ini, yap penting sekali tetapi tidak jarang ada WIFI dengan settingan khusus yang dibuat agar orang lain tidak bisa terhubung dengan WIFI tanpa sepengetahuan pemiliknya. Sehingga membuat status WIFI terhubung tetapi tidak bisa melakukan browsing pada perangkatnya.

Hal ini saya alami sendiri di sebuah tempat usaha, sampai membuat saya kebingungan kenapa tidak bisa browsing padahal WIFI sudah tersambung kemudian saya otak atik kesana kemari dan hasilnya nihil akhirnya saya menyerah mungkin masalahnya ada pada perangkat saya yang jadul sehingga tidak bisa terhubung.

Suatu hari ketika akhir bulan dan stock kuota saya mulai menipis terpaksa saya harus menggunakan WIFI tersebut selain itu karena saya seorang IT maka saya juga harus bisa mengatasi hal seperti ini karena siapa tau ada yang meminta bantuan dengan kondisi WIFI yang sama, kan memalukan kalau saya tidak bisa mengatasi hal seperti itu.

Setelah saya telusuri permasalahan kenapa WIFI terhubung tetapi tidak bisa browsing  dapatlah satu pemecahan atau solusi, ternyata ada pengaturan khusus yang di setting untuk terhubung dan bisa browsing dengan WIFI tersebut. 

Mau tahu pengaturan khususnya seperti apa ?

Okey kita langsung bahas saja caranya dibawah ini :

Settingan Untuk PC/Laptop

  • Pertama sambungkan terlebih dahulu PC/Laptop ke dalam WIFI
  • Buka Control Panel dalam menu START
  • Pilih Menu Network And Internet > Network And Sharing Center > Klik Pada Connections > Pilih Properties > Klik Internet Protokol Version 4 (TCP/IP) > Properties.
  • Isi IP Address misal 192.168.3.23
  • Subnetmask dengan 255.255.255.0
  • Default Gateway dengan 192.168.3.1/255
  • Preffered DND Server dengan 8.8.8.8
  • Dan Alternate DNS Server dengan 8.8.4.4
  • Terakhir tekan OK.

Settingan Untuk Smartphone

  • Sama halnya dengan PC/Laptop hubungkan terlebih dahulu smartphone dengan WIFI.
  • Pilih menu WIFI > Tekan lama pada WIFI yang sudah di hubungkan > Pilih Manage Network Settings > Centang Show Advanced Options > IP Setting rubah menjadi Static
  • Isi IP Address misal 192.168.3.23
  • Subnetmask dengan 255.255.255.0
  • Default Gateway dengan 192.168.3.1/255
  • Preffered DND Server dengan 8.8.8.8
  • Dan Alternate DNS Server dengan 8.8.4.4
  • Terakhir tekan Save.

Selesai, sekarang kalian bisa menikmati WIFI dengan GRATIS TIS TIS TIS....

Kalau masih belum bisa coba ganti angka 3 menjadi 1 sampai 8 misalnya 192.168.3.23 rubah menjadi 192.168.2.23 dan 192.168.3.1/255 menjadi 192.168.2.1/255

Oh ya apabila kalian masih mengalami kendala dengan pembahasan diatas bisa tanyakan di kolom komentar Oce.

Tks.

7 comments:

  1. saya sudah coba ganti ganti IP tapi kenapa ya tetap tidak tersambung? dan kalau boleh tau penyebab itu dari mana ya? Makasih kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pastikan kembali langkah langkahnya di ikuti dengan benar di default gateaway isi salah satu aja 1 atau 255 klw masih blm coba ganti angka 23 dengan angka lain dari 1 sampai 255, klw msh blm cobalah diperangkat lain.

      Delete
    2. klw penyebabnya sy kurang tau pasti, tp perkiraan sy berasal dari modemnya atau ispnya. Tks

      Delete
  2. Lw gk salah iti microsoft tunnel adapternya eror...

    ReplyDelete
  3. Coba samain default gateway nya dengan ip modem

    ReplyDelete
  4. Bang mau tanya. Saya punya hp 2, yang 1 bisa nyambung wifi. Yang satunya tulisannya teruhubung, tidak ada internet. Padahal pake wifi yg sama

    ReplyDelete
  5. Inget2 aja mas hp pertama bagaimana kenapa bisa konek, terus tinggal samain

    ReplyDelete

Powered by Blogger.