Thursday, 7 December 2017

Cara Membuat Bootable USB Windows Dengan Menggunakan Rufus

Kalian pengguna Komputer, Laptop, Atau Notebook dan sering kali dipusingkan dengan masalah software komputer yang memungkinkan kalian untuk harus melakukan install ulang dan terkendala dengan tidak punya DVD installer OS atau komputer kalian tidak dilengkapi dengan DVD-ROM sehingga tidak dapat melakukan intallasi OS (Operation System).

Dengan keadaan situasi seperti yang saya jelaskan diatas sebenarnya ada berbagai cara untuk masalah diatas yaitu dengan cara membuat bootable USB atau Flashdisk dengan menggunakan software yang bernama Rufus. Yah kok pake aplikasi tambahan ? Memang ada juga cara yang tanpa menggunakan software tambahan akan tetapi cara tersebut agak lebih susah dibandingkan dengan menggunakan software tambahan, jadi aplikasi rufus ini berfungsi untuk mempermudah proses bootable USB kalian.

Gimana pilih yang susah atau yang mudah ?, Tentu saja kalian pilih yang mudah kan ?, Tetapi gimana size softwarenya bersahabat atau tidak dengan kuota kita ?, Tenang saja software ini sangat bersahabat sekali karena ukuranya softwarenya kurang dari 1 MB. Nah untuk mendapatkan aplikasi rufus yang bisa unduh disini.

Oh iya sory kalian sudah tahu belum apa itu bootable dan fungsinya untuk apa ?, kalau belum percuma saja saya melanjutkan pembahasan kali ini karena tidak mengerti tujuan dari artikel ini. Bagi kalian yang belum tahu apa itu bootable dan apa fungsinya mari kita bahas sedikit dari pengertian dan fungsi bootable itu seperti apa, Jadi Bootable adalah sebuah fasilitas atau layanan yang ada pada setiap system operasi yang dimana ditempatkan pada media penyimpanan. Masih belum mengerti ? oke kita abaikan saja dahulu kita langsung bahas saja apa fungsinya.

Ada beberapa fungsi dari bootable ini diantaranya :
  • Installasi System Operasi
  • Pemulihan Data
  • Pembersihan Data
  • Pemecahan Masalah Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak
  • Mengubah Lingkungan Operasi
  • Demonstrasi Perangkat Lunak
  • Akses Administrasi Dalam Kasus Hilang Password Dengan Sebuah Boot Yang Sesuai Dengan System Operasi Tertentu.

Dan yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah berkaitan dengan fungsi Installasi System Operasi.

Sekarang sudah tahu fungsinya dan kita lanjutkan lagi pembahasanya oke, Apa belum paham ?, Yang Mana ? Pengertianya ?, Memang susah kalau dijelaskan dengan kata kata baik kalau begitu untuk mempermudah pemahaman kalian mengenai bootable USB ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalamaan saya.

Suatu hari teman sekantor saya mengeluh kepada saya dengan keadaan komputernya yang sering kali mengalami blue screen dan merestart sendiri sehingga menghambat perkerjaanya, seketika itu pula saya langsung mencek apa yang sedang terjadi dengan komputer teman saya ini dan saya memulai dari membersihkan semua komponen komputer namun langkah tersebut tidak membuahkan hasil.

Selanjutnya langkah yang saya ambil adalah mengganti salah satu kabel yaitu kabel harddisk karena menurut diagnosa saya perkirakan masalahnya ada pada harddisk namun lagi lagi langkah ini tidak membuahkan hasil, setelah habis pikir maka cuman ada satu cara yang belum saya lakukan yaitu menginstall ulang komputer tersebut karena bisa kemungkinan adanya file OS (operation system) yang korupt. Nah yang menjadi permasalahanya adalah di komputer teman saya ini tidak memiliki DVD-ROM sehingga saya harus mencari cara lain untuk melakukan install ulang komputer.

Awalnya saya berpikir untuk melakukan install ulang komputer dengan menggunakan flashdisk dan hal itu pun saya lakukan, saya memulai dengan memasukan installer OS kedalam flashdisk kemudian saya mencoba booting kedalam flashdisk yang sudah terisi dengan installer OS namun hasil yang saya dapatkan lagi lagi gagal proses booting tidak pernah mau masuk ke flashdisk.

Akhirnya saya mencoba bertanya ke senior saya yang sudah sering mengalami hal ini, ternyata untuk proses booting agar bisa masuk ke dalam flashdisk maka harus melakukan terlebih dahulu proses bootable dengan menggunkan aplikasi tambahan yaitu rufus.

Lalu bagaimana cara membootable flashdisk agar terbaca ketika melakukan booting, baik kita simak secara seksama penjelasan berikut ini :
  • Kalian sudah download aplikasi rufus pada link diatas dan sekarang coba kalian buka dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
  • Selanjutnya tentukan flashdisk yang akan di bootable.
  • Pada bagian Format Option pilihlah ISO Image dan tentukan file OS yang akan dimasukan kedalam bootable flashdik
  • Terakhir Klik Start dan tunggu hingga proses bootable selesai.

Selesai sangat simple sekali seperti yang sudah saya jelaskan diatas software ini sangat membantu sekali untuk mempermudah bootable dan sekarang kalian sudah bisa booting kedalam flashdisk.

Tks.


EmoticonEmoticon