Cara Mengatasi Bluescreen Video_TDR_Failure atikmpag.sys

Tidak akan ada habisnya permasalahan yang ada dalam sebuah sistem komputer, setelah kemarin kita mengalami kendala dalam melakukan install ulang dengan munculnya sebuah pesan error di layar kaca monitor dengan pesan ‘Windows Cannot Be Installed To The Disk Is Of The GPT Partition Style’ dan akhirnya dapat ditemukan jalan keluarnya. Sekarang datang lagi satu permasalahan yaitu masalah Blue Screen setelah install ulang dengan pesan error seperti ini “video_tdr_failure atikmpag.sys”.

Pastinya kalian penasaran apa sih penyebab dari masalah baru ini, kenapa bisa terjadi. Oke disini saya akan sedikit mengulas asal muasal pesan ini bisa muncul berdasarkan pengalaman pribadd dan juga saya akan membahas bagaimana sih mengatasinya agar tidak terjadi hal seperti ini lagi.Baik  Jangan kemana mana simak terus tulisan ini sampai akhir karena dalam tulisan kali ini apabila kalian beruntung kalian bisa membawa HADIAH BONUS KEJUTAN!!! (Hanya untuk pengunjung yang beruntung dan membaca tulisan ini sampai akhir).

Awal mulanya berawal dari install ulang laptop punya teman saya dengan merk dan tipe Lenovo Idepad 320 14-AST saya masih ingat dengan jelas tipe tersebut karena masalah ini membuat saya membutuhkan waktu 2 hari untuk menyelesaikanya.

Saat awal install ulang masalah sudah mulai berdatangan mulai dari cara masuk BIOS yang unik sampai masalah yang kemarin saya jelaskan mengenai masalah GPT Partition Style. Proses installasi selesai begitupun dengan masallahnya saya lanjutkan dengan mengistall driver serta aplikasi aplikasi pendukungnya, pada saat itu kebetulan saya menggunakan DriverPack versi 17 yang didalamnya terdapat driver yang komplit mulai dari chipset sampai touchpad semuanya ada.

Sudah selesai nih intall ulang udah, install driver udah, install aplikasi pendukungnya juga udah, yang belum tinggal uji coba nih apakah ni laptop sudah berjalan dengan normal atau tidak. Cara uji cobanya gimana nih, saya coba dengan cara multitasking atau kalau dalam bahasa gaulnya menggeber komputer saya buka lebih dari 10 aplikasi dan hasilnya...... Layar langsung bluescreen dan mengeluarkan pesan error “video_tdr_failure atikmpag.sys”.

Setelah tahu kalaw laptop tidak berjalan dengan normal saya tindak lanjuti dengan menguninstall driver VGA karena bisa jadi driver VGA yang saya dapatkan dari driver pack tidak support pada laptop ini selain itu juga karena banyak yang merekomendasikan cara ini diberbagai situs web yang membahas masalah yang sama dan hasilnya...... Alhamdulillah laptop berjalan dengan normal dan tidak lagi terjadi bluescreen meskipun digeber dengan 10 aplikasi.

Keesokan harinya ada sebuah pesan error lagi tapi kali ini bukan dari layar laptop melainkan dari layar smartphone. Kok bisa ? yang masalah laptop tapi pesan error muncul di smartphone canggih nih laptop hhhh. Pesan error kali ini bertuliskan “Min....Laptop Kok Error Lagi Kaya Kemarin, Bisa Bantu Benerin Lagi Gak ?” ternyata pesan ini bukan dari sistem komputer tetapi datang dari temen saya yang punya laptop kemarin.

Setelah membaca pesan ini bisa saya ambil keputusan ternyata cara yang banyak direkomendasikan dibeberapa website ini tidak berjalan dengan baik di  kasus laptop temen saya ini, dan berarti masalah “video_tdr_failure atikmpag.sys” ini bukan berasal dari driver VGA yang saya dapat dari Driver Pack versi 17.

Saya menduga penyebab dari masalah ini adalah adanya driver yang tidak support dengan laptop dan pada akhirnya untuk mengtahui apa penyebab masalah ini saya coba install ulang kembali tanpa menginstall driver VGA dan Chipset dan hasilnya...... BERHASIL HOREEEEE.😀

Terakhir ini yang ditunggu tunggu oleh kita sesuai dengan janji diatas apabila kalian beruntung dan membaca tulisan ini sampai akhir kalian bisa membawa Hadiah Bonus Kejutan, HOREEEEEE. Kalian mendapatkan link Download VGA dan Chipset untuk laptop Lenovo Idepad 320 14-AST untuk melengkapi driver yang belum terinstall diatas, driver ini alhamdulillah support pada kasus saya ini.

Temukan link yang tepat dibawah ini :

SEMOGA BERUNTUNG😀

Apa Driver Yang Dicurigai Oleh Saya Menjadi Penyebab Masalah “video_tdr_failure atikmpag.sys” ?

A. LAN & VGA                                     
B. Touchpad & Chipset                       
C. VGA & Chipset
D. VGA & Wireless

Lihat permasalahan bluescreen lainya DISINI...

Tks.
 

17 comments:

  1. Hay gan.. gue juga mendapat masalah yg sama... gue dwonlod dri amd lanhsung juga blm nemu yg compatible
    Adakah yg sdh menemukan solusi untuk kasuh ini?

    Oh ya laptop yg gue otak atik
    Lenovo V110-15AST DOS

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake lenovo support aja buat install drivernya

      Delete
    2. Betul gan coba pake pclenovo.support soalnya masalah diatas juga pake itu ngatasinya

      Delete
  2. Boleh minta link lengkap semua driver Lenovo 420 14-AST gan ..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka link yang ketiga atau C itu udah lengkap semuanya gan

      Delete
  3. gan saya juga punya masalah yang sama tapi laptop saya merk HP AMD A9 radeon R5, bagaimana cara mengatasinya ya?
    mohon bantuannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah di atas penyebabnya drivernya VGA sama Chipsetnya tidak compatible gan jadi coba cari driver yang compatible dengan tipe laptop agan.

      Delete
  4. Pas sekali series laptopnya sama , masalahnya sama, lagi saya coba caranya

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Sama sama bos, jangan lupa baca artikel yang lainya juga hehe

      Delete
  6. Gan Gan.. Windows 10 yang agan install - in ke laptop temen agan versi berapa gan? Soalnya ane uda pake VGA driver dari lenovo supportnya masih BSOD juga.. Bingung ane nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 64bit, satu lagi gan update driver chipsetnya soalnya bisa jadi dari driver chipset yang gk compatible

      Delete
    2. iya gan nanti ane coba deh. Soalnya uda berapa bulan pake ini laptop masih pake vga seadanya, jadi gak bisa ngegame gan. makasih gan.

      Delete
  7. Ikuti setiap komentar yang kamu publish dengan cara menceklis Notify me di kiri bawah kolom komentar

    ReplyDelete
  8. Gan bantu ane dong, ane gabisa bisa ini udah ngikutin tutor di atas. Permasalahannya sama, tolong dijelasin dong min install driver nya gimana aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download driver & vga linknya sy sediain di atas terus install, installnya tinggal next2 aja ngikutin petunjuk yg ada

      Delete

Powered by Blogger.