Cara Mengatasi Bluescreen Driver_Irql_Not_Less_or_Equal

Blue Screen ? 🙋
Blue screen merupakan sebuah pesan komputer untuk memberikan informasi atau peringatan kepada pemiliknya jikalau ada sesuatu yang tidak beres dengan system komputer tersebut baik hardware maupun software dan memerlukan perbaikan secepatnya. Blue screen ini memiliki banyak sekali pesan yang berbeda beda dengan penanganan yang berbeda juga dan jika dihitung bisa sampai puluhan bahkan bisa menyentuh angka ratusan. Wow banyak sekali bukan.

Di dunia digital atau internet ini sudah banyak sekali website website yang membahas macam macam pesan blue screen tapi selama saya berkecimpung didunia teknologi jarang sekali yang membahas pesan blue screen ini secara mendalam dan bagaimana cara mengatasinya.

Diartikel saya sebelumnya saya sudah pernah membahas beberapa pesan blue screen dengan penangananya dan kali ini saya punya satu buah cerita baru. Cerita pesan blue screen lagi yang baru saya temui selama saya berkerja. DRIVER_IRQL_NOT_LESS__OR_EQUAL itulah pesan blue screen yang baru ini saya temui.

Ok mumpung cerita ini masih hangat dan baru saja saya alami kita langsung saja kita simak ceritanya.

Ceritanya dimulai hari jumat kemarin tepatnya disiang hari, ada seorang user yang mengeluhkan mengenai laptopnya yang selalu merestart sendiri. sebagai seorang IT sudah tidak asing lagi mendengar kata restart sendiri tapi meskipun begitu saya tidak menyepelekan masalah ini karena masalah restart sendiri ini memiliki banyak kemungkinan penyebabnya.

Setelah saya cek berulang kali ternyata sebelum merestart sendiri muncul terlebih dahulu layar blue screen dengan pesan DRIVER_IRQL_NOT_LESS__OR_EQUAL ketika pertama kali saya melihat  pesan tersebut langsung dapat diketahui darimana asal penyebab datangnya masalah. yap apalagi kalau bukan drivernya yang bermasalah tapi belum terjawab semuanya saya harus mengetahui driver apa yang bermasalah.

Masuk ketahap berikutnya untuk pengecekan driver dan untuk pertama kali saya coba cek driver VGA karena kebanyakan saya punya banyak masalah dengan driver ini untuk cara mengeceknya yaitu dengan cara mendisable driver tersebut setelah itu saya diamkan beberapa menit dan hasilnya laptop tetap blue screen dan restart sendiri. Oke berarti masalah kali ini bukan dari driver VGA penyebabnya.

Lanjut lagi ketahap berikutnya untuk yang kedua kali saya coba cek driver WIFI alasanya karena laptop si user ini kadang kali tidak bisa menangkap sinyal WIFI padahal jaraknya sangat dekat dengan router. ok saya disable lagi drivernya dan diamkan beberapa menit dan hasilnya alhamdulillah laptop masih menyala belum puas dengan beberapa menit sy coba diamkan lagi beberapa jam dan hasilnya sama laptop masih dalam keadaan hidup alias tidak merestart sendiri.

Dari sini saya sudah mendapatkan jawaban dari apa yang menjadi penyebab restart sendiri ini.

Tinggal saya masuk tahap terakhir yaitu untuk menginstall ulang driver WIFI dengan versi terbaru.

Selesai.......

Dengan begini bertambah satu lagi pengetahuan kita mengenai blue screen 😀.
Oh ya... kasus ini terjadi pada laptop ASUS X455LA.

Tks.

No comments

Powered by Blogger.