Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Pada Windows 10

Windows 10 merupakah salah satu sistem operasi komputer yang dirilis pada tahun 2015 dan sampai saat ini windows 10 ini sudah banyak sekali dipakai oleh orang kebanyakan karena rata rata ketika anda membeli sebuah perangkat laptop pasti sudah terinstall dengan sistem operasi windows 10 didalamnya, mimin akui sistem operasi ini memang memiliki keunggulan dibandingkan dengan sistem operasi windows lainya akan tetapi meskipun begitu tetap saja ada beberapa hal yang tidak disukai.

Hari ini mimin mau sharing aja pengalaman mimin memakai laptop dengan operasi windows 10 jadi akhir akhir ini mimin dibuat pusing tujuh keliling oleh laptop mimin sendiri 😞 awal mulanya pagi pagi laptop mimin pakai seperti biasanya hanya untuk ketik ketik ringan dan semua itu berjalan dengan sangat normal kemudian karena hari mulai siang dan waktunya istirahat mimin tinggal tuh laptop sambil dimasukin kedalam mode sleep 😴dengan cara menutup laptop, beres istirahat laptop mimin pake lagi nih tapi setelah laptop bangun dari mode sleep tiba tiba keyboardnya gak berfungsi sama sekali mimin coba semua tombol dan hasilnya sama saja semua tombol pada keyboard bahkan tidak ada respons sama sekali kaya lumpuh gitu 😁, trus mimin coba deh pakai keyboard external pake keyboard yang kabel gitu dan hasilnya nihil nih.

Nah untuk mengatasi keyboard yang tiba tiba tidak berfungsi ini mimin coba dengan berbagai cara untuk mengatasinya nih, mau tau ? langsung saja nih beberapa cara untuk mengatasi masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi pada windows 10 :
  • Restart laptop, poin ini tidak usah dijelaskan yah anda pasti sudah tau dan bisa melakukan restart laptop sendiri kalau tidak bisa itu keterlaluan 😀.
  • Mensetting pengaturan pada Ease Of Access Center karena bisa saja keyboard laptop tidak berfungsi karena Toogle Key atau Sticky Key sedang aktif untuk mensettingnya anda bisa masuk ke dalam Control Panel > Ease Of Access > Ease Of Acces Center > Make The Keyboard Easier To Use > Hilangkan Semua Centang Pada Kotak > Apply > OK
  • Mengupdate driver keyboard caranya anda bisa masuk kedalam Device Manager dengan membuka Properties Computer > Device Manager > Keyboard > Klik kanan pada Standard PS/2 Keyboars > Update Driver > Search Automatically.
  • Mengupdate Windows (Original) dengan cara pilih Start > Setting > Update & Security > Cek dan lihat pada Windows Update apakah ada pemberitahuan Update Windows terbaru.
  • Terakhir Reset this PC (Mengembalikan setelan pabrik) dengan cara pilih Search dan ketik Reset this PC. 
Oke sekian dulu tulisan kali ini semoga lima langkah diatas bisa mengatasi keyboard pada laptop anda yang sedang bermasalah. Mimin pamit undur diri dan sampai jumpa lagi pada cerita selanjutnya dari mimin.

Update 3 Juni 2018 Langkah tambahan sebelum anda melakukan langkah terakhir reset this PC cobalah untuk mematikan laptop terlebih dahulu dan mencabut semua listrik yang terhubung ke laptop termasuk juga batrenya selama 5 menit karena hal tersebut berkerja pada laptop mimin ini.


Tks.

No comments

Powered by Blogger.