Sunday, 16 September 2018

Masalah Hardware VS Masalah Software Dalam Komputer


Dalam artikel sebelumnya mimin sering membahas berbagai macam persoalan dan permasalah akan mengenai sebuah komputer khusunya terutama masalah software atau virus pada komputer namun selain software dan virus yang bisa menyebabkan sedikit gangguan terhadap penggunaan komputer kamu dalam aktifitas sehari hari.

Selain masalah software serta virus ada juga persoalan lainya yang lebih rumit dari pada virus yaitu masalah hardware yang tentunya bisa membuat kamu kesal untuk menghadapi persoalan ini, kenapa mimin bisa bilang soal hardware ini lebih rumit diobandingkan software atau virus?.

Ya karena hardware berbeda dengan software dalam mengatasi masalah hardware ini membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya untuk mendapatkan penyelesaian dan perbaikan berbeda hal dengan software yang bisa diperbaiki dengan reinstall, menggunakan aplikasi ketiga ataupun scan virus.

Terlebih lagi soal hardware akibatnya lebih besar dibandingkan dengan software ayo kamu banding persoalan software serta hardware.

Ketika software bermasalah setidaknya sistem komputer masih bisa dipakai serta digunakan untuk beraktifitas sehari hari namun berbeda dengan hardware ketika bermasalah maka keseluruhan komponen yang lainyapun ikut terkena akibatnya sehingga komputer tidak bisa digunakan sama sekali.


Hardware VS Software


Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Memperbaikinya


Ketika software bermasalah maka penyelesaianya bisa langsung kamu dapatkan seketika karena biasanya sistem selalu memberikan sebuah pesan atau peringatan untuk mengatasi masalah tersebut misalnya terdeteksi virus atau terdeteksi ada beberapa file yang corupt atau hilang.


Sedangkan ketika hardware bermasalah tidak akan ada pesan atau peringatan yang memberi tahu kamu kalau bagian ini atau itu yang bermasalah sehingga membutuhkan waktu lebih banyak, kamu harus melakukan penyelesaian dengan cara mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu memastikan serta mengecek satu persatu komponen yang diduga menjadi penyebabnya.

Setelah ketahuan apa yang menjadi kendalanya barulah kamu memperbaiki hardware tersebut kemudian setelah memperbaiki langkah terakhir barulah memastikan kembali dengan mengetesnya berulang ulang apakah sudah teratasi dengan baik atau belum.

Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Memperbaikinya


Ketika software bermasalah maka penyelesaianya tidak begitu mahal bahkan bisa dibilang gratis tanpa biaya sekalipun misalnya komputer kamu terkena virus maka untuk memperbaikinya cukup dengan menginstall apikasi anti virus atau contoh lainya file kamu hilang maka cukup dengan mengembalikanya dengan aplikasi recovery dan hal tersebut bisa diulang terus menerus atau dengan kata lain software yang digunakan untuk memperbaiki bisa dipakai berulang kali.

Sedangkan ketika hardware rusak maka untuk memperbaikinya kamu memperlukan biaya untuk membeli atau mengganti komponen hardware yang rusak tersebut dan apabila hal tersebut terjadi lagi maka yang keluar adalah biaya lagi untuk membeli hardware yang sama.

Dengan mengetahui berbagai macam persoalan pada komputer baik itu software maupun hardware bisa membuat kamu berpikir dan bertindak dengan baik untuk menggunakan sebuah komputer atau memecahkan suatu masalah pada komputer yang tentunya dengan menghemat waktu yang kamu punya dan juga biaya yang kamu keluarkan.


EmoticonEmoticon