Mengatasi Out Of Range Pada Monitor


Ceritanya mimin pada saat itu ingin mengganti salah satu perangkat komputer yang sedang digunakan yaitu monitor dengan tipe terbaru berukuran 20 inch diganti menjadi monitor tipe lama dengan ukurang yang lebih kecil yaitu 17 inch.

Hal yang dilakukan mimin pada saat itu adalah dengan cara langsung menggantinya tanpa ada yang dirubah rubah pengaturanya namun hal tersebut membuat monitor tipe lama berukuran 7 inch tidak dapat berfungsi dengan baik dan memunculkan sebuah pesan dengan isi seperti berikut "Out Of Range".

Artikel hari ini mimin mau sedikit berbagi apa sih maksud dari pesan Out Of Range pada monitor serta bagaimana sih cara mengatasi pesan tersebut ?, maka dari itu supaya teman teman bisa paham dan ikuti terus artikelnya sampai selesai.

Penyebab Out Of Range


Penyebab munculnya pesan Out Of Range adalah dikarenakan resolusi yang terdapat didalam system terlalu besar untuk monitor tipe lama berukuran 17 inch yang tidak dapat mendukung resolusi besar sehingga monitor menampilkan pesan Out Of Range.

Lalu bagaimana solusi untuk mengatasinya apakah monitor tidak bisa digunakan sama sekali ? atau haruskan system perlu di install ulang supaya mempunyai resolusi yang sama dengan monitor ?.

Solusi Out Of Range

Jawabanya tentunya monitor tetap bisa digunakan dan system pula tidak perlu dilakukan install ulang yang perlu teman teman lakukan hanyalah mengatur resolusinya saja di sistem supaya sesuai dengan spesifikasi monitor. caranya ?

Untuk caranya apabila mengambil contoh kasus seperti diatas maka teman teman bisa menggunakan monitor berukuran besar yang mendukung resolusi besar supaya bisa menampilkan sytem dan menurunkan resolusi di control panel misal turun menjadi 1024x768 setelah itu simpan perubahan tersebut dan matikan komputer.


Setelah itu silahkan teman teman ganti kembali monitornya menjadi monitor yang berukuran kecil dan beresolusi kecil kemudian nyalakan komputer sekarang monitor teman teman sudah bisa digunakan dan menampilkan gambar seperti biasanya.

Itu adalah penyebab dan solusi untuk mengatasi pesan eror Out Of Range pada monitor, selamat mencoba dan semoga berhasil.☺

No comments

Powered by Blogger.