Monday, 21 January 2019

Penyebab dan Cara Memperbaiki USB Device Not Recognized


Ini adalah tulisan gw yang pertama kali pada tahun 2019 dan untuk mengawali tulisan gw di tahun baru ini akan gw awali dengan satu pembahasan lagi untuk kalian semua mengenai seluk beluk dunia teknologi dan komputer.

Hari gini 2019 kemampuan mengoperasikan komputer memang telah menjadi suatu hal yang wajib untuk dimiliki. Tetapi kenyataanya terkadang masih saja banyak orang yang belum paham serta mengerti betul dengan pengoperasian komputer terutama masalah masalah yang sering muncul di komputer.

Gw kasih contoh seperti permasalahan USB Device Not Recognized yang terjadi pada komputer bersistem operasi windows munkin sebagian besar dari kalian sering mendapatkan masalah yang seperti ini bukan ?

Maka dari itu tulisan gw hari ini akan membahas sebab dan solusi untuk memecahkan permasalahan yang telah kita bicarakan tadi yaitu mengenai USB Device Not Recognized dengan cara yang paling mudah, kalian tinggal mengikuti saja langkah langkah yang nanti akan gw jelaskan.

Setelah gw membaca dari beberapa sumber yang ada di internet mengenai masalah USB Device Not Recognized, gw belum menemukan penjelasan yang lengkap apa yang menjadi dasar penyebab error ini bisa terjadi. Tapi jika dari pengalaman gw masalah ini biasa terjadi akibat dari terlalu sering melakukan lepas pasang device kedalam satu USB komputer.

Contohnya kalian melakukan lepas pasang USB berkali kali dalam waktu yang singkat maka biasanya hal itu bisa menimbulkan masalah ini terjadi, mungkin sistem komputer bingung karena melakukan perintah yang sama dan berulang ulang.

Penyebab lainya bisa terjadi pula akibat dari driver USB yang kadaluarsa atau belum di perbaharui.

Oh ya apabila kalian punya penjelasan lain dari penyebab terjadinya masalah USB Device Not Recognized gw bakalan sangat senang apabila kalian dapat berbagi ilmu dan menulisnya pada kolom komentar dibawah.

Cara Memperbaiki USB Device Not Recognized di Windows


Sebelum itu kalian pastikan terlebih dahulu bahwa device USB yang sedang kalian gunakan dalam keadaan baik dan normal caranya yaitu dengan mencobanya di komputer lain apabila berfungsi dengan baik maka masalahnya memang ada di komputer kalian.

1. Cabut & Pasang USB Drive

Yang pertama dan paling mudah untuk mengatasi masalah USB Device Not Recognized adalah dengan mencoba cabut pasang usb device kalian atau apabila ingin yang lebih baik gw sarankan kalian untuk mencoba beberapa port USB yang lainya dengan begini komputer akan mecoba merefresh ketika kalian terhubung kembali.

2. Perbarui Driver USB


Cara kedua yang paling mudah adalah dengan memperbarui driver usb kalian sesuai dengan penyebabnya akibat dari usb driver tidak update untuk memperbarui driver USB kalian bisa melakukanya dengan cara :

  • Klik Start kemudian ketik devmgmt.msc lalu enter.
  • Kalian akan masuk ke Device Manager. Klik Universal Serial Bus dan cari Unknown Device.
  • Klik kanan pada Unknow Device kemudian pilih Update Driver. Selesai

3. Restart & Lepas Baterai / Kabel Power


Ini adalah cara terakhir yang paling mudah dan ampuh kalian bisa mencobanya dengan merestart komputer dan lebih baik lagi jika kalian menambahkanya dengan mencabut baterai untuk laptop dan kabel power untuk komputer karena terkadang motherboard itu butuh di restart brader.

Ok sepertinya ketiga cara yang telah di jelaskan diatas sudah bisa mengatasi masalah USB Device Not Recognized dengan mudah maka dari itu gw akhiri dulu pembahasan ini sampai sini, sampai jumpa lagi di artikel gw berikutnya.

Thanks



EmoticonEmoticon