Thursday, 24 January 2019

Mengatasi Masalah Ink Pad Pada Epson L130, L220, L360, L365

Tulisan kali ini gw mau berbagi tips mengenai persoalan printer epson dengan jenis tipe L130, L220, L360, L365 nah masalahnya itu adalah dengan munculnya sebuah pesan yang berisi " a printer's ink pad is at the end of its service life" ketika hendak mau melakukan pencetakan.

Yah kalau masalah itu mah sudah banyak yang ngebahas, memang betul tips seperti model ini sudah banyak sekali situs yang menjelaskanya namun berdasarkan pengalaman gw pribadi ketika mendapatkan masalah seperti diatas dan mencari solusi yang ada di internet, gw tidak menemukan solusi yang benar benar berhasil saya terapkan.

Jadi pembahasan topik ini bukan hasil dari ikut ikutan situs lain melainkan murni hasil dari experiment gw sendiri. Nah jadi kalau kalian punya masalah seperti yang telah kita obrolkan diatas maka kalian harus baca artikel ini sampai selesai ya...

 

Gambar diatas adalah pesan error yang ditampilkan ketika akan mencetak di printer Epson gw yang bertipe L360. Pesan tersebut menjelaskan bahwa pembuangan tinta printer telah penuh dan menyarankan untuk dibawa ke Epson Support.

Sebenarnya cara mengatasi hal ini sudah jelas sekali disebutkan pada pesan errornya, yaitu kalian cukup dengan membawanya ke Epson Support tapi hal tersebut tentunya akan membutuhkan tidak sedikit waktu dan uang untuk memperbaikinya.

Maka dari itu gw kasih tips untuk memperbaiki pesan error yang sama namun dengan cara yang lebih mudah, simple, dan tidak bayar yaitu dengan cara mereset printer. Reset printer yang bakal gw jelasin yaitu dengan menggunakan aplikasi resetter khusus epson karena apabila dengan reset manual biasanya tidak selalu berhasil.

Baiklah ini adalah nama aplikasi yang gw gunakan, silahkan langsung disedot aja disini.

Dan berikut adalah langkah langkah cara mereset printer epso L120, L220, L360, & L365 dengan bantuan aplikasi resetter dibawah ini :
  • Setelah kamu punya aplikasinya silahkan extract dan kamu akan menemukan file bernamaAdjprog.exe
  • Selanjutnya klik Select untuk memilih seri printer Epson dari printer yang kamu pakai dan pada bagian port pilih Auto Selection, setelah itu jangan lupa menekan tombol OK.

  • Kemudian pilih Particular adjustment mode

  • Kemudian pilih pada Waste Ink Pad Counter lalu OK.

  • Beri tanda Centang pada bagian Main Pad Counter kemudian klik Check dan tunggu beberapa saat hingga pada bagian mai pad counter terisi (pada bagian ini beberapa komputer suka terjadi error untuk mengatasinya kamu bisa mengulangnya terus menerus atau mencoba meresetnya dari komputer lain)

  • Jika proses checking selesai, lalu pilih Initialization (pada bagian ini pula beberapa komputer sering terjadi error untuk mengatasinya sama dengan langkah sebelumnya yaitu terus mengulang proses yang gagal beberapa kali)
  • Klik Finish dan Close Aplikasi.
  • Terakhir matikan komputer kemudian nyalakan ulang dan printer harusnya sudah dapat digunakan kembali untuk mencetak.
Jika cara diatas dilakukan dengan benar dan sesuai dengan langkah langkah yang dijelaskan gw yakin pasti akan berhasil, apabila belum berhasil silahkan kita diskusikan pada kolom komentar dibawah.

Thanks.


EmoticonEmoticon