Memperbaiki Masalah Critical Service Failed Windows


Sudah lama gw gak menemukan error atau permasalahan mengenai bluescreen ya dan eh ternyata baru beberapa hari ini gw alami lagi nih yang namanya BSOD atau bluescreen kali ini bluescreen yang keluar memiliki pesan error "Critical Service Failed".

Ayo kita bahas apa itu , penyebab, dan cara mengatasi BSOD Critical Service Failed. Oh ya sebelumnya gw sudah browsing kesana sini dan alhamdulillah gw tidak menemukan satupun situs atau blog indonesia yang membahas BSOD ini dengan lengkap dan detail.
 

 Gambar hasil gw browsing

Awal yang sangat penting untuk mengidentifikasi sistem yang disebabkan ? penjelasan apaan tuh gk jelas banget wkwk 😂.

Penjelasan & Penyebab


Critical Service Failed adalah sebuah kesalahan yang biasanya disebabkan oleh driver perangkat yang hilang atau rusak, atau bisa juga disebakan karena masalah ketidak cocokan antara perangkat keras dengan driver yang baru diinstall.

Lebih singkatnya inti dari permasalahan Critical Service Failed ini muncul dari suatu driver yang hilang rusak atau tidak kompatibel.

Dampak Yang Muncul


Kalo dilihat dari dampaknya BSOD ini sangat sangat mengganggu sekali terutama untuk orang awam seperti gw yang kurang paham akan kerusakan komputer dan karena BSOD ini sampai sampai gw hampir saja mau melakukan intall ulang laptop gw saking bingungnya mengatasi error ini 😂.
 
Dampak yang muncul apabila terjadi BSOD Critical Service Failed berdasarkan pengalaman gw pribadi yaitu gw tidak bisa masuk ke windows dan terus menerus stuck di BSOD tersebut walaupun gw sudah restart berulang kali dan mencoba masuk kedalam safe mode namun hasilnya tetap sama.

Baca Juga : Mengatasi Bluescreen Driver_Irql_Not_Less_or_Equal

Memperbaiki Critical Service Failed


Untuk memperbaiki BSOD Critical Service Failed cukup mudah yaitu dengan merestore komputer kekeadaan komputer saat baik baik saja tujuanya untuk mengembalikan driver yang rusak atau hilang, selain itu bisa juga menguninstal driver yang baru saja diinstall apabila penyebabnya driver yang tidak cocok atau uncompatible dengan perangkat kerasnya.

Lalu bagaimana cara merestore komputer atau menguninstall driver sedangkan gw gak bisa masuk ke windows ?

Untuk sementara lo bisa booting dan masuk ke windows dengan mode disable driver signature enforcement. caranya gw ambil kasus gw pribadi dengan menggunakan os windows 10.

Ketika lo gagal merapair otomatis dan merestart komputer sehingga kembali ke BSOD Critical Service Failed maka akan muncul sebuah tombol "Advanced Option" didalam tombol tersebut ada beberapa pilihan dan pilihlah "Troubleshoot" didalam troubleshoot lo pilih "Advanced Option" lanjut setelah itu pilih tombol "Startup Settings" Kemudia "Restart".

Ketika selesai merestart lo secara otomatis akan diarahkan ke Startup Setting dan disuruh memilih mode yang akan kamu gunakan, nah disini kamu pilih mode Disable Driver Signature Enforcement. Dari sini sistem akan merestart ulang kembali dan kali ini seharunya lo sudah bisa masuk ke tampilan windows 10 serta lanjut ke langkah cara memperbaiki Critical Service Failed dengan restore komputer atau uninstall driver baru. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Bluescreen Video_TDR_Failure atikmpag.sys

Masih bingung ? coba tonton video yang satu ini


Baiklah sepertinya penjelasan mengenai masalah Critical Service Failed gw cukupkan sampai disini dan sampai jumpa lagi di artikel gw berikutnya.

Thanks

15 comments:

  1. Kalo cara mengetahui driver yg bermasalah itu gimana ya? Biar pas masuk bisa langsung di uninstall driver nya

    ReplyDelete
  2. Klw cara untuk mengetahui driver bermasalah bisa dilihat dari info bluescreenya mas

    ReplyDelete
  3. Thanks.. udah bisa laptopnya sekarang. Kirain bakalan end ni laptop. Thank you

    ReplyDelete
  4. mudah mudahan berhasiilll. semoga yg share tipa ini rejeki nya ngalir terusss

    ReplyDelete
  5. Thanks bro,, hampir mau install ulang

    ReplyDelete
  6. Thanks, sangat membantu
    Hampir aja mau ke tempat service laptop 😌😌

    ReplyDelete
  7. Saya sudah masuk ke Mode disable driver, trus disana saya update smua driver yg blm saya update. Stelah smuanya selesai saya restart laptopnya, tapi hasilnya sama aja.

    #Mohon Bantuannya

    ReplyDelete
  8. Thanks gan caranya berhasil,sangat bermanfaat artikelnya

    ReplyDelete
  9. Thanks, laptop aku udah kembali normal

    ReplyDelete
  10. Terima kasih, sangat membantu. Semoga kedepannya bisa memberi info seputar teknlogi yang sangat membantu seperti ini.

    ReplyDelete
  11. Gimana cara tau driver yg bermasalah ya? Sy sdh coba pake cara di atas,berhasil masuk ke windows...
    Tapi setelah restart seperti biasa stagnantblagibdi layar biru....padahal uda restore sistem juga

    ReplyDelete
  12. makasih mas, sangat membantu orang awam seperti saya

    ReplyDelete
  13. Terima kasih mas sangat membantu bagi saya

    ReplyDelete
  14. Kak kalo gak muncul tulisan advanced option gimana yaa, dari kemarin dia ngerestart sendiri terus tapi gak muncul tulisan advanced option

    ReplyDelete
  15. Lah iya bang ternyata bener bisa. Btw makasih informasinya bang

    ReplyDelete

Powered by Blogger.