Monday, 22 April 2019

Cara Menggunakan 2 Monitor Dalam 1 Komputer (Extend Display)

2 Tahun gue bekerja sebagai IT Support dan selama itu gue tidak paham atau ingat betul bagaimana caranya mensetting atau menggunakan 2 monitor dalam 1 komputer terdengar sangat ironis sekali, kenapa bisa begitu alasanya karena gue jarang banget bahkan tidak sama sekali mendapatkan tugas ini diperusahaan kecuali untuk komputer gue pribadi dirumah.

Supaya gue tidak lupa bagaimana caranya menggunakan 2 monitor dalam 1 komputer maka dari itu pada tulisan hari ini gue akan ngebahas tentang bagaimana cara menggunakan 2 monitor dalam 1 komputer atau bisa kita sebut juga Extend Display karena kebetulan hari ini gue mendapat tugas yang sama tentang hal ini.

Apa tujuan dan manfaat kita mengetahui hal ini ?

Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat sekali dengan menggabungkan 2 buah monitor kedalam 1 komputer maka kamu bisa mengerjakan beberapa sekaligus sebagai contoh monitor A mengerjakan tugas dan monitor B menonton film dengan begitu kamu bisa mengerjakan tugas sambil menonton film.

Ada pula contoh kasus penggunaan 2 monitor yang lainya sebagai berikut :
  • Coder yang ingin melihat kode mereka pada satu layar dan melihat hasilnya pada layar yang lainnya, kemudian kembali ke layar utama tempat ia bekerja.
  • Orang – orang yang mengawasi informasi, entah itu statistik, berita update, atau email saat ia sedang bekerja.
  • Gamer yang ingin menambah pengalaman dalam bermain game dengan tampilan yang lebih luas dari beberapa monitor.
  • Orang yang ingin menonton video saat ia sedang bekerja.
Bagaimana cara menggunakan 2 monitor dalam 1 komputer ?

Sebagian besar komputer memiliki lebih dari 1 jenis port untuk monitor seperti VGA, HDMI, DVI, atau beberapa komputer juga dapat mencakup kabel splitter untuk menggabungkan monitor kedalam port tunggal.

Ketika monitor dipasang kedalam port yang sesuai dengan komputer maka secara otomatis windows akan memperpanjang layar dektop kamu dan sekarang kamu dapat menggeser jendela kemonitor sebelah dengan cara drag & drop.

Kemudian untuk mengontrol tampilan dekstop di monitor kamu bisa mengaturnya dengan cara Klik Kanan di Dekstop > Screen Resolution maka akan terdeteksi 2 buah monitor.


Monitor 1 gue menggunakan resolusi 1600 x 900 Pixel sedangkan Monitor kedua menggunakan resolusi 1280 x 800 Pixel.



Selain mengontrol resolusi di tampilan ini juga kamu bisa mengatur jenis multiple display yang mau kamu gunakan, disini terdapat 4 jenis type multiple displays diantaranya yaitu :

  • Duplicate these display: Kedua monitor akan menampilkan desktop yang sama, jadi apa yang ada di monitor 1 adalah apa yang ada di monitor 2.
  • Extend these display: Pilihan ini akan membagi desktop dalam 2 monitor. Ini yang dijelaskan di atas tadi, dengan pilihan ini memungkinkan kita bekerja sambil menonton film.
  • Show desktop only 1: Desktop akan tampil pada monitor 1, maka monitor lainnya tidak terpakai.
  • Show desktop only 2: Desktop akan tampil pada monitor 2, maka monitor lainnya tidak terpakai.
Baik jadi seperti itulah bagaimana cara menggunakan 2 monitor dalam 1 komputer dengan begitu semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kalian tentang dunia komputer.

Terima kasih dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.


EmoticonEmoticon