Thursday, 9 May 2019

Tutorial Codeigniter #1: Pengenalan Codeigniter


Codeigniter adalah salah satu framework yang digunakan untuk membuat website dengan berbasis PHP dan framwork ini menggunakan model desain MVC (Model View Controller) dalam memanajemen kode program yang dibuat.

MVC sendiri berguna untuk memisahkan kode kode program yang berupa pengelolaan database, kode program pengaturan tampilan interface, dan kode program yang mengontrol semua aktifitas dalam website. Semua itu membuat kode program tampak rapi, berkelompok, dan mudah dibaca, selain itu membuat template dari kode program juga akan lebih mudah.

Sedikit sejarah codeigniter dirilis pertama kali pada 28 Febuari 2006. Versi stabil terakhir ketika tulisan ini dibuat adalah Codeigniter versi 3.1.10. Sedangkan Codeigniter 4 masih dalam tahap pengembangan. Codeigniter 4 merupakan generasi penerus dari Codeigniter 3 yang konsepnya lebih modern.

Untuk framework Codeigniter terbaru dapat kamu download disini. Setiap versi memiliki system requirement yang berbeda beda jadi pastikan sesuai dengan kebutuhan kamu agar tidak ada masalah ketika kamu memanggilnya di server lokal ataupun server hosting.

Kelebihan Codeigniter


Tentunya ada beberapa kelebihan dari Codeigniter jika dibandingkan dengan framework php lain.

  • Performa Cepat: Karena tidak menggunakan template engine dan ORM yang dapat memperlambat proses.
  • Konfigurasi Minim: Karena untuk menggunakan Codeigniter dengan settingan standart, kamu hanya perlu mengubah sedikit saja file di folder config.
  • Banyak Komunitas: Forum, Group, dan Komunitas Ci di indonesia cukup ramai, tutorialnya pun mudah dicari serta lengkap.
  • Dokumentasi Lengkap: Selain komunitas Codeigniter juga didukung dengan adanya User Guide yang berisi Dokumentasi.
  • Mudah Dipelajari: Dari beberapa point diatas membuat Codeigniter menjadi sangat mudah dipelajari meskipun itu bagi seorang pemula.

Struktur Folder Codeigniter


Ketika kamu mengekstrak file Download Codeigniter yang berekstensi .zip maka kamu akan melihat beberapa folder dengan struktur sebagai berikut :



Ada banyak folder didalam struktur codeigniter, tapi standart yang nanti akan sering kamu dapati hanya beberapa folder saja seperti :

  • Controller
  • Models
  • Config
  • Views

Untuk standart penggunaan Codeigniter kamu cukup dengan fokus kepada 4 folder diatas sehingga mempermudah pembelajaran kamu.

Folder Config


Folder config digunakan untuk meletakan file configurasi, didalamnya terdapat beberapa file dengan ekstensi .php. Namun kamu cukup fokus dengan 4 file dibawah ini untuk penggunaan standart.
  • Autoload : Untuk mengatur fungsi fungsi apa saja yang akan dimuat otomatis ketika awal program dijalankan.
  • Config : Untuk file ini Konfigurasinya sudah tersetting dari awal tapi ada beberapa configurasi yang perlu diperhatikan untuk menunjang pembuatan program yaitu base_url, index_page, encryption_key.
  • Database : Tentunya untuk mengatur database yang digunakan pada website atau program.
  • Routes : Fungsinya untuk mengkonfigurasi jalur atau akses halaman website dan membuat url lingk website menjadi lebih simple.

Folder Controller


Folder ini adalah tempat penyimpanan file-file controller agar dapat mengatur alur proses aliran data atau fungsi yang dibuat. Tanpa controller maka view dan model tidak akan bisa tampil dan berjalan secara semestinya.

Folder Model


Folder ini tempat penampungan file yang berisikan kode program pengelolaan data ke database dengan bantuan controller yang merujuk ke model sesuai dengan functionya sehingga database sudah bisa berkaitan dengan program.

Folder Views


Folder ini menampung file yang berisikan kode program untuk mengatur desain antar muka website.

Installasi Serta Membuat Project Codeigniter


Sebelum installasi dan membuat project ada hal yang harus dipersiapkan yaitu pastikan kamu telah mengaktifkan Apache dan Mysql di Xampp kamu.

  • Silahkan Ekstrak File Codeigniter yang telah kamu download kemudian simpan di folder c:\xampp\htdocs.
  • Setelah itu ubah nama Codeigniter 3.1.10 menjadi nama project yang akan kamu buat usahakan penamaan sesuai dengan project yang ingin dibuat misal dengan nama Latihan.
  • Sekarang coba kamu buka http://localhost/Latihan/ di browser.




Selamat kamu sudah berhasil melakukan installasi dan mulai membuat project dengan codeigniter.

Penjelasan Tampilan


File application/config/routes.php



Kode tersebut menjelaskan controller yang akan dipanggil pertama kali ketika program dijalankan yaitu controller welcome.

File application/controllers/welcome.php



Kode tersebut controller memanggil pertama kali dengan function index yaitu view welcome_message (desain halaman).

File application/views/welcome_message.php



Baris kode untuk mendesain tampilan muka halaman website sehingga menampilkan halaman seperti ketika kamu buka http://localhost/Latihan/.

Oke biar lebih paham coba dehb kamu latihan sendiri dengan merubah tampilanya menjadi Welcome to Latihan seperi gambar dibawah ini.


Baiklah sepertinya cukup dampai disini dulu untuk pembahasan selanjutnya nanti akan kita bahas diartikel selanjutnya.

Thanks.


EmoticonEmoticon