Dampak Baik Dan Buruk Menggunakan VPN


Apa itu VPN ?

VPN adalah singkatan dari (Virtual Private Network) atau bisa dibilang jaringan privasi di dunia maya, mempunyai fungsi untuk memproteksi dan mengamankan koneksi internet kamu ketika berselancar di dunia internet selain itu VPN juga bisa digunakan untuk mengakses konten atau situs yang terblokir dengan menggunakan server VPN itu sendiri.

Kenapa gue bahas VPN ?

Kebetulan saat ini orang orang didunia terutama khususnya orang indonesia sedang maraknya mencari sesuatu yang namanya VPN dimana alasanya untuk digunakan mengakses situs atau aplikasi aplikasi yang terblokir.

Situs dan Aplikasi apa yang saat ini sedang diblokir di indonesia ?

Ada banyak sekali situs dan aplikasi yang diblokir di indonesia seperti situs yang mengandung unsur pornografi, isu radikalisme, terorisme, dan ujaran kebencian tetapi yang menjadi sorot utama situasi sekarang ini adalah diblokirnya atau dibatasinya pengguna social media di indonesia seperti facebook, telegram, whatsapp, dll.

Pembatasan hak akses social media ini dilatar belakangi dari terjadinya kerusuhan terkait pengumuman hasil pemilu presiden tahun 2019 pada tanggal 22 Mei 2019 Dinihari. Social media seperti facebook, instagram, dan whatsapp mengalami perlambatan ketika akan mendownload atau mengupload sebuah video dan gambar.

Apa yang terjadi setelah pembatasan akses social media ini ?

Dari pemerintah sendiri pembatasan social media ini dilakukan dengan tujuan merendam kerusuhan 22 Mei, merendam kebohongan dan hoaks dikalangan publik indonesia supaya tidak terjadi kerusuhan lanjutan.

Tapi karena media social telah menjadi gaya hidup manusia maka dari mereka tidak kehabisan pikir dan mencoba mencari alternatif lain untuk dapat mengakses social medial dan salah satunya menggunakan VPN.

Tapi tahukah kalian dibalik penggunaan VPN, tentunya menghasilkan dampak positif serta bermanfaat seperti :


  • Lalu lintas personal anda dienkripsi dan dikirimkan dengan aman melalui internet, hal ini akan menjaga kamu tetap aman dari banyak ancaman.
  • VPN membuat para peretas kesulitas untuk melihat dan mengganggu komunikasi kamu atau bisnis kamu.
  • Kamu bisa memanfaatkan WIFI publik tanpa perlu khawatir akan para peretas.
  • Dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi, kamu bisa menggunakan anonim di web.

Tetapi dari semua manfaat tersebut ternyata juga bisa menimbulkan hasil yang negatif apabila kamu salah memilih VPN.

  • Pencurian data, layanan VPN yang kurang terpercaya bisa menimbulkan pencurian data seperti nama pengguna, alamat, username, password, dan data penting lainya. Semua data tersebut salah satunya bisa dijual untuk penayangan iklan di perangkat gadget kamu.
  • Penyebaran Virus/Malware, didalam penggunaan VPN gratis ada istilah Malvertising yaitu penyebaran malware ke dalam komputer atau smartphone melalui VPN gratis.
  • Man In The Middle, Contoh kasusnya apabila kamu sedang berkirim pesan dengan seseorang maka bisa saja ada orang ketiga ditengahnya yang dapat mengetahui pesan kamu tersebut.
  • Network End Point, istilah tersebut adalah pencurian IP yang ditujukan untuk meningkatkan bandwith layanan VPN supaya kecepatan internet pengguna lainya lebih cepat.
Nah selama ini kalian yang suka coba coba menggunakan VPN ternyata ada dampak negatifnya lo, So berhati hatilah apabila kamu ingin menggunakan VPN. Pilihlah VPN yang terpercaya dan jika bisa jangan terlalu sering menggunakan VPN kecuali ada sesuatu hal yang mendesak.

No comments

Powered by Blogger.