Alat Alat Yang Dibutuhkan Ketika Akan Membersihkan Komputer

Yang sering menjadi problem dalam kebersihan komputer maupun laptop salah satunya adalah debu. Partikel berukuran kecil dan ringan tersebut dapat melayang layang bebas di udara, bertebangan hinggap dimana saja, dan nyaris tidak ada benda yang tidak bisa di tempeli debu, termasuk dengan komputer ataupun laptop.

Coba saja kamu lihat keyboard dan mouse komputer yang kamu miliki, lihat di celah celahnya pasti ada beberapa debu yang menempel disana atau coba lihat komponen komponen komputer lainya seperti Motherboard, PSU, HDD, VGA, dan sebagainya. Komponen tersebut tertutup sehingga memperbesar kemungkinann debu disana lebih banyak dibandingkan di luar seperti keyboard dan mouse.

Komponen komputer yang terkena debu dapat menimbulkan penurunan performa komputer dan lama kelamaan akhirnya bisa mempercepat kerusakan komponen tersebut. Jadi sebaiknya mulai sekarang rutinlah untuk membersihkan setiap komponen luar dan dalam komputer secara berkala supaya komputer bisa awet dan bertahan lama.

Akan tetapi tidak semudah itu untuk membersihkan debu yang menempel dicelah celah komponen atau didalam komponen komponen komputer, akan sangat sulit dibersihkan apabila tidak menggunakan alat khusus pembersih komputer.

Nah alat apa saja sih yang seharusnya digunakan untuk membersihkan masing masing bagian komputer ?

Kain Microfiber


Kain microfiber adalah kain sintetis dengan ukuran serat yang sangat kecil, tekstur luarnya menyerupai seperti handuk dan kain ini baik sekali dalam hal penyerapan partikel debu.

Manfaat : Untuk membersihkan permukaan datar seperti layar monitor, mouse, casing cpu, dan permukaan datar lainya.

Harga : 25.000 - 50.000.

Air Blower


Sederhananya air blower dipakai untuk meniupkan angin atau menyedot angin dengan tekanan tinggi (lebih kuat dari tiupan mulut kita) dengan begitu partikel partikel debu akan berterbangan dan lepas dari komponen yang sedang dibersihkan.

Harga : 200.000 - 700.000

Kanebo


Alat yang satu ini pasti sudah familiar di telingan kalian, kanebo memiliki karakteristik seperti busa padat, cocok digunakan untuk membersihkan casing komputer, mouse, keyboard, speaker, printer, dll.

Harga : 5.000 - 20.000

Cairan Pembersih Monitor


Belum jelas apa nama resminya, yang jelas cairan ini di khususkan untuk membersihkan layar monitor, cara kerjanya cukup disemprotkan ke kain microfiber dan mengelapkanya ke monitor yang berdebu.

Harga : 10.000 - 40.000

Magic Gel


Alat ini bentuknya seperi slime mainan anak kecil, cocok digunakan untuk membersihkan komponen komponen yang memiliki celah sempit seperti keyboard, cara penggunaanya cukup tempelkan  pada keyboard maka gel ini akan masuk ke sela sela tutsdan menyerap debu yang menempel.

Harga : 20.000 - 40.000

No comments

Powered by Blogger.