Cara Menggunakan FTP Di Android Untuk Transfer Data


Pada artikel sebelumnya kalian telah mengetahui bagaimana caranya membuat FTP Server secara publik dan tentunya juga kalian sudah tahu bagaimana mengaksesnya data atau mentransfer data dari komputer client ke komputer server FTP.

Tahukah kamu FTP bukan hanya dapat digunakan pada komputer saja, melainkan ternyata protokol FTP juga bisa kamu gunakan didalam perangkat android yang sekarang sering kita gunakan sebagai fitur transfer antar perangkat termasuk ke komputer server.

Ada banyak aplikasi android yang menggunakan FTP untuk berkirim dan terima data menggunakan akses protokol FTP. Contohnya ES File Explorer, Solid File Manager, dan File Manager+.

Bagaiman cara menggunakan FTP di android untuk transfer data ?

Sebetulnya caranya cukup mudah hampir sama persis ketika kita tranfer data menggunakan FTP di dalam komputer, cukup dengan mengakses alamatnya dan memasukan username dengan password untuk verifikasi usernya.

Berikut saya berikan ontoh ketika saya mentransfer data menggunakan FTP di Android :

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu kalian sudah memiliki koneksi FTP protokol dengan akses public kemudian disini saya menggunakan aplikasi File Manager+ sebagai FTP Clientnya di android.


  • Untuk menambahkan FTP di aplikasi File Manager+ kalian masuk ke menu Remote kemudian tambah FTP.
  • Selanjutnya masukan informasi FTP server kalian seperti Host/IP, Port, Username, dan Password.
  • Klik OK
  • Secara otomatis protocol FTP telah ditambahkan ke directory File Manager
  • Untuk cara transfer datanya kalian tinggal copy paste saja dari penyimpanan android menuju ke penyimpanan FTP begitu pun sebaliknya.
Begitulah cara mudah menggunakan FTP di android untuk transfer data, dengan begini tentunya transfer data menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan dimana saja.





No comments

Powered by Blogger.