Cara Menghilangkan Noise Audio Menggunakan Android


Artikel hari yang akan kita bahas masih bergelut seputar cara menghilangkan noise pada audio namun kali ini saya menggunakan perangkat android, oh ya pada artikel sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara menghilangkan noise audio dengan menggunakan aplikasi Audacity di perangkat Latop atau PC.

Seperti yang saya bilang sebelumnya banyak cara dan software untuk mengatasi noise pada rekaman suara dan perangkat android ternyata juga bisa digunakan loh untuk menghilangkan noise, tentunya dengan bantuan suatu aplikasi edit audio.

Kenapa saya memilih android untuk melakukan pengeditan audio dan menghilangkan noise ?, pastinya karena android hampir dimiliki oleh semua orang kemudian lebih praktis dibandingkan komputer, android juga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja bahkan cara penggunaanya lebih simple dan kualitas tidak kalah bagus dengan menggunakan aplikasi komputer.

Menurut saya tidak semua orang dari kita memiliki perangkat komputer atau laptop, jadi sebenarnya artikel ini adalah solusi buat kita semua yang membutuhkan cara menghilangkan noise audio namun dengan perangkat sejuta umat yang hampir dimiliki oleh semua orang yaitu android.

Berikut adalah tutorial cara menghilangkan noise audio menggunakan android :



  • Disini saya menggunakan aplikasi Lexis Audio Editor, kita bisa mendapatkanya secara gratis di Play Store, kemudian jalankan aplikasinya.
  • Pilih Audio di file manager yang akan kamu hilangkan noisenya dengan cara klik Open di samping kanan atas tampilan aplikasi Lexis.
  • Selain file audio di file manager, kamu bisa juga langsung rekaman di aplikasi Lexis dengan cara menekan tombol Bulat Merah dan berhenti menekan tombol Kotak Putih.
  • Jika audio sudah tersedia dihalaman kerja aplikasi Lexis, selanjutnya klik tombol Titik Tiga yang berada disudut kanan atas.
  • Kemudian pilih Effect > Noise Reduction
  • Apply
  • Tunggu beberapa menit untuk proses perubahan suara.
  • Jika sudah selesai, silahkan kamu dengarkan hasil yang didapat apabila bagus langsung saja lakukan penyimpanan ke memori kamu dengan cara menekan tombol Save diatas.

Oke sekian pembahasan mengenai cara menghilangkan noise audio dengan menggunkan android, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.


No comments

Powered by Blogger.