Snooze Alarm Ponsel Membuat Saya Merasa Tidur Lebih Lama


Kalian tahu fitur/tombol snooze yang ada di dalam alarm handphone ?, jika tahu berarti kalian orang yang sering menekan tombol snozee ketika mau bangun tidur yaa ?, hayo ngaku !. Ngaku jangan malu malu soalnya saya sendiri pun termasuk orang yang sering menakan tombol snooze ketika mau bangun tidur. haha.

Pada dasarnya snooze didalam alarm handphone adalah sebuah mode untuk menghentikan alarm secara sementara dengan waktu yang sudah di tentukan dan akan berbunyi kembali apabila waktu tersebut sudah habis.

Kenapa saya sering menekan tombol snooze pada alarm handphone ? tujuanya sih supaya bisa tidur lebih lama (terasa) dan memang benar itu berkerja apa yang saya rasakan tidur 5 menit terasa menjadi 30 menit haha. tapi apakah itu baik untuk kesehatan ?.

Jika dipikir pikir lagi sepertinya tidak baik deh, tidur 5 menit tetaplah 5 menit, mungkin otak kita berpikir 30 menit namun tubuh kita tetap hanya merasakan 5 menit seperti seolah olah kita dihipnotis yang pada akhirnya malah membuat kepala kita pusing.

Bagaimana dengan menurut para ahli tentang akan ahal ini, jadi menurut Reena Mehra, MD, MS, Director of Sleep Disorder Research di Cleveland Clinic menjelaskan kalau kamu berpikir tidur lima menit lebih lama bisa bikin tubuh lebih segar, itu salah!



"Sebagian besar dari siklus tidur kita terdiri dari REM, atau mimpi tidur, yang merupakan keadaan tidur restoratif. Jadi, jika anda menggunakan tombol snooze, maka anda mengganggu tidur REM atau mimpi tidur: kata Dr Mehra. 

Lalu bila kita menggunakan tidur REM tahap akhir, itu dapat menyebabkan respons flight-fight yang meningkatkan tekanan darah dan detak jantung kita. Jadi pastikan kita mendapatkan tujuh hingga delapan jam tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik, jelasnya.

Selain itu terlalu banyak menekan tombol snooze ternyata juga bisa mengakibatkan gangguan mental loh, karena ketika kita bangun, kemudian menekan tombol snooze lalu tidur lagi tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang terkait dengan respons melawan atau lari dan tubuh akan melihat alarm sebagai ancaman.

Akhirnya hal ini akan membuat anda berada dalam suasana hati yang buruk.

Nah bagaimana dengan dampak yang saya rasakan, hmm kalau dampaknya ke saya sih paling menjadi susah bangun aja soalnya badan terasa menjadi lebih berat ketika mau bangun haha dan mungkin berpengaruh juga ke aktivitas saya sehari hari.

Baiklah bagaimana dengan kalian apakah ada yang sering menekan tombol snooze ketika bangun pagi ?, lalu apakah ada dampak yang terjadi dari hal tersebut ?, silahkan tulis dikolom komentar.

No comments

Powered by Blogger.