Mengenal Komponen Komponen Yang Ada Pada Motherboard


Saya tahu bagaimana cara mengbongkar dan merakit Komputer/PC.
Saya tahu apa dan seperti apa itu Motherboard.
Saya tahu posisi dan bentuk komponen yang ada pada Motherboard.
Saya tahu fungsi fungsi komponen yang ada pada Motherboard.
Namun saya tidak tahu apa nama nama komponen yang ada pada Motherboard.

Jujur saja saya mengenal banyak soal hardware komputer bukan berasal dari pelajaran sekolah atau dari mata kuliah di perkuliahan melainkan semua itu saya dapatkan dari hasil eksperiment percobaan saya ketika mendapatkan suatu problem seputar hardware komputer.

Jadi sepertinya wajar ya jika saya tidak mengenal nama nama komponen yang ada pada Motherboard ? hehe. Nah dari permasalahan yang saya alami tersebut, sepertinya tidak sedikit pula orang di dunia ini yang menguasai hardware komputer (Motherboard) tetapi tidak tahu nama nama komponen yang ada didalamnya.

Maka dari itu untuk pembahasan kali ini saya ingin mengenalkan kepada kalian apa nama nama komponen yang ada pada Motherboard dan tentunya sekaligus menjadikan ini sebagai catatan pribadi saya sendiri.

Oh ya kenapa hal ini penting untuk dibahas ?, karena jika kalian setiap hari berkiprah dengan yang namanya hardware suatu saat pasti ada orang yang bertanya hal ini baik itu client kita ataupun ketika kita sedang melakukan suatu tes pekerjaan.

Berikut adalah nama nama komponen yang terdapat didalam Motherboard :

Socket Prosessor / Socket CPU


Slot Memory


Slot SATA & SLOT IDE


SLOT PCI & SLOT AGP


UEFI Chip & BIOS


Battery CMOS


Power Connector


Input/Output Ports (I/O Ports)


Pin Front Panel


North Bridge


South Bridge



Demikian perkenalan hari ini dengan beberapa komponen yang ada didalam Motherboard, semoga dengan begini kita yang berkiprah di persoalan hardware tidak keliatan bego bego amat ketika ada yang bertanya komponen komponen didalam motherboard wkwkw.

No comments

Powered by Blogger.