Mengatasi Tanda Silang Merah Di Audio Windows


Pada dasarnya audio pada PC maupun Laptop sudah terhubung ketika kalian pertama kali membeli atau menginstall OS di perangkat tersebut artinya tidak memerlukan kembali install atau setting apapun untuk menggunakan speaker karena pasti sudah berjalan dan dapat digunakan.

Apabila kamu memerhatikan perangkat PC yang baru kalian beli atau perangkat PC yang baru kalian install ulang OS nya, pasti akan langsung keluar suaranya bukan ?

Memang benar speaker akan aktif dengan sendirinya, tetapi ada beberapa kasus yang banyak dialami oleh para pengguna komputer ketika ditengah tengah penggunaan tiba tiba speaker menjadi tidak aktif dengan tanda silang merah pada audio.


Kenapa bisa seperti itu ?, nah disini saya akan mencoba menjelaskan beberapa penyebab yang dapat menimbulkan masalah ini dan tak lupa juga saya akan memberikan cara untuk memperbaikinya.

Tanda silang merah pada audio bisa terjadi di semua versi Windows, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Penyebab terjadinya yaitu bisa diakibatkan dari beberapa hal, bisa karena perangkat speakernya atau bisa juga masalah dengan drivernya.

Untuk cara memperbaikinya bisa dibilang susah susah gampang karena kita harus mengecek dan mencobanya satu persatu sampai permasalahan ditemukan.

Disini saya akan mengurutkan hal apa saja yang harus di periksa untuk memperbaiki tanda silang pada audio, langsung saja simak pembahasanya sebagai berikut :

Cek Speaker

Dengan cek speaker kamu bisa menemukan beberapa masalah yang bisa terjadi seperti kabel longgar (tidak tersambung dengan benar ke port audio), kabel putus, dan mungkin speakernya yang memang sudah rusak.

Update Driver Audio

Penyebab terjadinya tanda silang pada audio bisa diakibatkan dari drivernya sendiri, mungkin terjadi kerusakan atau memang driver sudah usang, sehingga disini saya menyarankan untuk mengupdate driver audio tersebut.

Cara updatenya kalian bisa berkunjung ke situs penyedia driver yang sesuai dengan jenis laptop atau jenis motherboard kalian, disana pastinya kalian akan menemukan beberapa pilihan driver audio.

Cek Audio Service

Audio service adalah sebuah proses yang berjalan di latar belakang dan memiliki fungsi untuk menjalankan suara di Windows. nah ada kemungkinan yang bisa terjadi adalah audio service berhenti atau perlu di restart.

Cara mengeceknya tekan tombol Windows + R kemudian ketik services.msc, cari Windows Audio dan pastikan statusnya Running, jika perlu tekan Restart untuk memastikan berjalan dengan normal.


Reinstall Windows

Jika belum bisa, masalahnya mungkin pada sistem windowsnya dan cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan Install Ulang Windows.

Baiklah itu adalah beberapa tips untuk memperbaiki masalah tanda silang merah pada audio sehingga speaker tidak aktif atau berjalan dengan baik, apabila ada pertanyaan seputar masalah ini, silahkan kalian tulis dikolom komentar dibawah ini.

No comments

Powered by Blogger.