Menghilangkan Noise Pada Rekaman Suara Menggunakan Audacity


Noise suara adalah suara bising yang muncul ketika kita sedang melakukan rekaman suara, noise biasanya muncul apabila kita merekam di ruangan dimana angin bisa masuk kesana atau bisa juga muncul dari hembusan nafas kita yang terlalu dekat dengan microphone dan tanpa menggunakan alat khusus untuk menghilangkan noise.

Apabila kamu telah merekam suara entah itu untuk keperluan youtube, podcast, atau keperluan lainya dan ternyata kamu mendapati noise suara dalam rekaman tersebut maka ada sebuah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noise tersebut.

Ada berbagai macam cara dan berbagai macam software yang dapat membantu kamu menghilangkan noise suara. Tetapi disini saya akan menjelaskan cara yang menurut saya paling mudah bagi pemula untuk menghilangkan noise suara.

Cara yang paling mudah menghilangkan noise suara menurut saya dengan menggunakan bantuan aplikasi Audacity. Selain mudah ternyata software ini juga open source jadi bisa kamu gunakan secara gratis dan hasilnya pun tidak kalah berkualitas dengan software audio editor yang berbayar.

Perlu kamu ketahui bersih tidaknya noise yang kamu hilangkan menggunakan software Audacity tergantung dengan hasil rekaman aslinya. Semakin sedikit noise pada suara rekaman asli makan akan semakin bersih pula noise yang kamu hilangkan.

Maka dari itu saya mempunyai sedikit tips untuk meminimalkan noise ketika kita sedang melakukan perekaman suara dan mempermudah untuk melakukan proses editing.

Tipsnya yaitu pastikan kamu merekan di tempat yang tenang tidak ada suara apapun atau angin yang berhembus kemudian pastikan juga mic jangan sampai terkena hembusan nafas dari hidung selanjutnya terakhir bicaralah dengan lantang agar susra vokal lebih dominan dan terakhir pastikan kamu diam selama 5 detik sebelum berbicara karena nantinya 5 detik tersebut akan dijadikan sample profile noise.

Baiklah jika file rekaman audionya sudah siap sedia, sekarang kamu buka aplikasi Audacity nya.


  • Memasukan file audio kedalam halaman kerja Audacity dengan cara menarik langsung dari directory ke Audacity / memasukan lewat menu File > Open
  • Pilih menu Effect > Noise Reduction > Get Noise Profile
  • Selanjutnya pilih audio yang akan dihilangkan noisenya
  • Kemudian pilih menu Effect > Noise Reduction
  • Setting 12db untuk Noise Reduction, 6 untuk Sensitivity, dan 3 untuk Frekwensi Smoothing
  • OK

Sampai disini kamu telah berhasil menghilangkan noise suara pada rekaman audio, silahkan kamu cek dengan memutarnya di aplikasi Audacity dan jangan lupa untuk menyimpan / mengeksport file yang telah dirubah tadi.

No comments

Powered by Blogger.