Kelebihan & Kekurangan Dari Kartu Kredit


Ada dua buah kartu yang saat ini umum dan biasa kita gunakan ketika akan bertransaksi (jual dan beli) yang pertama yaitu kartu kredit dan yang kedua adalah kartu debit, tapi meskipun demikian ternyata masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa kedua kartu tersebut adalah sama padahal keduanya jelas memiliki perbedaan.

Perbedaan dari kedua kartu tersebut adalah seperti berikut jika kartu debit melakukan transaksi dengan menggunakan langsung uang kita yang ada didalam rekening dengan begitu untuk bertransaksi menggunakan kartu debit saldo di rekening kita harus tetap mencukupi ketika bertransaksi nah sedangkan kartu kredit yaitu melakukan transaksi dengan menggunakan uang atau limit yang ada didalam kartu (bukan uang kita) dengan begitu nanti kita harus menggantinya sebelum jatuh tempo apabila tidak ingin dikenakan beban bunga.

Jika kedua kartu tersebut kita gunakan di jaman yang sudah modern seperti sekarang sudah tentu hal itu akan sangat membantu banyak sekali para pemakainya untuk melakukan transaksi karena tidak perlu membawa uang cash banyak banyak, cukup dengan kedua kartu tersebut dan penggunaan yang tepat dan bijak.

Segala sesuatu pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan oleh maka dari sudah semestinya kita menggunakan apapun yang kita miliki secara benar dan bijak, kartu kredit memang mempunyai segudang manfaat untuk pemegangnya tetapi nyatanya ada pula kelebihan dan kekurang yang dimiliki juga oleh kartu kredit. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit :



Kelebihan Kartu Kredit

  • Nyaman dan Tidak Merepotkan : kamu tidak perlu membawa uang cash, kamu tidak perlu mencari ATM, kamu cukup dengan memberikan kartu kredit ke kasir kemudian nanti akan mereka proses.
  • Mengevaluasi Pengeluaran : setiap bulan bank akan mengirimkan tagihan seluruh transaksi yang telah kamu lakukan selama sebulan dan tentunya tagihan tersebut bisa kamu dijadikan sebagai bahan evaluasi pengeluaran atau keuangan kamu.
  • Keperluan Darurat : kamu bisa menggunakan kartu kredit di saat keadaan darurat dimana kamu diharuskan membayar sejumlah uang ketika kamu sedang tidak memiliknya.
  • Cicilan Menjadikan Transaksi Lebih Ringan : tidak bisa dipungkiri memang sudah menjadi ciri khas kartu kredit "belanja sekarang bayar nanti".
  • Potongan Diskon : didalam program kartu kredit biasanya memiliki beberapa promo potongan harga di berbagai merchant yang di berikan oleh bank.

Kekurang Kartu Kredit

  • Minimal Transaksi : di beberapa merchant di terapkan minimal transaksi untuk menggunakan kartu kredit dengan begitu biasanya membuat pembeli menambahkan total belanjaanya.
  • Rentan Digunakan Berlebihan : ini kasus yang banyak terjadi karena dengan kemudahan kartu kredit membuat penggunanya menjadi lebih sering bertransaksi tapi tanpa memikirkan kemampuan membayar tagihanya.
  • Disertai Bunga : dengan menggunakan cicilan ingatlah pasti selalu ada bunga nya disetiap tagihan jika hal ini disepelekan tentunya akan membuat tagihan menjadi membengkak pada akhirnya
  • Aturan yang Ketat : dalam penggunaan kartu kredit ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengeluaran kamu tidak membengkak seperti misalnya penarikan cash, iuran tahunan, dan administrasi.
  • Pembobolan : sudah banyak cerita mengenai pembobolan kartu kredit baik di indonesia maupun di luar negeri, namun yang perlu diperhatikan supaya hal itu tidak terjadi adalah jangan memberikan kartu kredit sembarangan dan cermati laporan periodik bulanan apakah sesuai dengan pengeluaran kamu yang sesungguhnya.

No comments

Powered by Blogger.