Membuat Multiboot USB Disk Di Dalam Satu Flashdisk


Tulisan hari ini adalah pembahasan lanjutan dari artikel saya yang sebelumnya mengenai cara membuat bootable usb installasi windows dengan menggunakan aplikasi rufus, nah kemudian setelah beberapa bulan bahkan tahun saya menggunakan cara diatas untuk melakukan kegiatan installasi timbulah sebuah masalah baru yaitu saya hanya bisa memasukan satu file ISO/Installasi windows kedalam flashdisk.

Dengan demikian ketika saya ingin menggunakan / menginstallasi jenis OS lain maka yang harus saya lakukan adalah memformat flashdisk kemudian memasukan kembali file ISO operating system lain yang akan saya gunakan, begitu seterusnya dengan sekian banyak jenis operating system yang ada saat ini. Hal ini tentu saja akan merepotkan, terlebih lagi jika kapasitas flashdisk yang digunakan sebenarnya bisa menampung beberapa file ISO operating system sekaligus.

Ada banyak jenis operasi sistem dan masing masing memiliki versi yang berbeda beda dengan fitur dan keunggulan tersendiri, sedangkan tidak mungkin apabila saya harus menyediakan flashdisk sebanyak jumlah sistem operasi yang ingin saya jadikan boot installer. Akan lebih mudah apabila semua file installer saya masukan kedalam satu flashdisk atau multiboot, hal itu lebih efektif, menghemat biaya, dan mempermudah untuk mencari dan melakukan install sistem operasi.

Cara Membuat Multiboot Operating System Di Dalam USB Disk / Flashdisk

Untuk membuat multiboot OS kedalam flashdisk caranya sangat mudah karena ada banyak tools atau software yang dapat membantu saya untuk melakukanya, salah satunya adalah software WinSetupFromUSB. Software ini bisa membantu memasukan banyak file installasi OS seperti Windows dan Linux hanya kedalam satu flashdisk yang sama.

Sebelum masuk ke tahap melakukanya silahkan kamu siapkan beberapa file installasi berformat ISO baik itu Windows maupun Linux dan tidak lupa pula untuk menyiapkan software WinSetupFromUSB yang bisa kalian download filenya disini.


  • Membuka WinSetupFromUSB dengan cara buka dan extract file yang telah kamu download, maka kemudian akan muncul satu folder hasil ekstract dan buka aplikasi di folder tersebut sesuai dengan berapa bit komputer yang kamu gunakan (32bit atau 64bit).
  • Masukan flashdisk dan refresh pada aplikasi WinSetupFromUSB sehingga tampil nama flashdisk yang dimaksud.
  • Format flashdisk dan tentukan jenis partisi yang akan digunakan Fat32 untuk installasi komputer atau laptop dan NTFS untuk installasi Legacy BIOS atau UEFI.

  • Add to USB Disk, pilih dan centang sesuai dengan OS yang akan kamu masukan dan jangan lupa masukan pula file ISO installasinya.

  • Centang Advance option dan centang Custome menu name for Vista/7/8/Server Source dengan tujuan untuk memberikan nama pada setiap boot installasi.

  • Tekan tombol GO.

  • Terakhir masukan nama folder boot installasi dan nama OS pada daftar menu boot.


  • Tinggal tunggu proses pembuatan boot usb disk nya sampai selesai dan muncul pesan Job Done, dan untuk memasukan installasi boot yang kedua dan seterusnya silahkan ulangin langkah mulai dari Add to USB disk tanpa dengan format agar file installasi sebelumnya tidak terhapus.
Sekarang silahkan kamu lakukan uji coba dengan melakukan multiboot dengan cara memasukanya kedalam komputer atau laptop dan coba lakukan install OS.


No comments

Powered by Blogger.