Cara Mudah Menampilkan File Yang Disembunyikan Oleh Virus


Virus yang hobinya menjaili pengguna komputer dengan cara menyembunyikan file yang ada didalam penyimpanan dengan tujuan agar user tersebut tertipu dan beranggapan bahwa filenya telah hilang oleh virus, memang remeh (tidak berbahaya) sih tapi menyebalkan dan nama virus itu adalah virus shortcut.

Virus shortcut termasuk kedalam golongan virus ecek-ecek atau rendahan karena untuk menghindari masalah dengan virus shortcut caranya sangat mudah sekali yaitu cukup install aplikasi antivirus maka virus shortcut akan dengan mudah langsung dihilangkan oleh antivirus. Nah bagaimana jika di komputer kita tidak terinstall antivirus ?

Tenang saja walaupun di dalam komputer tidak memiliki antivirus, virus shortcut ini masih bisa diakali agar data yang telah disembunyikanya dapat kita tampilkan dan kita ambil, caranya yaitu dengan menggunakan sebuah perintah pada Command Prompt (CMD).

Cara untuk membuka aplikasi Command Prompt (CMD) yang paling mudah yaitu dengan menekan tombol Windows + R kemudian ketikan CMD lalu Enter.


Kemudian pada layar akan tampil aplikasi CMD, memang tampilanya hanya hitam seperti itu saja, tapi penggunaanya cukup mudah dan simple tinggal memasukan perintahnya saja.


Selanjutnya perintah pertama yang akan kita masukan kedalam Command Prompt (CMD) adalah menentukan lokasi dimana file yang telah disembunyikan oleh virus itu berada, misal ada di partisi G:, maka perintahnya adalah G:


Perintah kedua yang harus dimasukan adalah menampilkan kembali file yang telah disembunyikan oleh virus dan perintah cmd nya adalah attrib -s -h -r -a / s / d kemudian tekan Enter.


Sampai sini seharusnya file yang telah disembunyikan oleh virus sudah ditampilkan kembali didalam folder baru. selesai deh sangat mudah sekali bukan ?

No comments

Powered by Blogger.