5 Cara Mudah Bagaimana Mengatur Keuangan Bulanan


Hidup aman, nyaman, dan tenang tanpa perlu khawatir mengenai keuangan di masa depan tentunya menjadi impian untuk semua orang, kemudian dengan mengatur keuangan kamu setiap bulannya agar tetap stabil dan kondisi seperti yang telah saya sebutkan tentunya bisa kamu capai.

Pastinya memang membutuhkan usaha yang berat dan komitmen yang kuat untuk mewujudkanya namun apabila kamu sudah tahu strateginya mungkin akan berbeda cerita karena dengan cara yang tepat bisa membantu kamu mewujudkan impian tersebut dengan lebih mudah.

Soal mengatur keuangan bukan hanya sekedar menghitung setiap pemasukan dan pengeluaran tetapi juga belajar bagaimana cara menjalankan keduanya secara berimbang dengan melakukan penghematan, supaya tidak besar pasak dari pada tiang yang akhirnya menimbulkan defisit keuangan, oleh karena itu kamu harus merencanakan dan mengetahui apa saja kebutuhan kamu baik itu jarak jangka pendek ataupun jangka panjang.

Berikut adalah 5 cara mudah bagaimana mengatur keuangan bulanan kamu agar nanti soal keuangan masa depan kamu menjadi lebih baik :

  • Mengatur Gaji dengan prinsip 10-20-30-40
            Ini adalah strategi yang sederhana ketika kamu mengatus keuangan yaitu mengalokasikan pendapatan kamu kedalam beberapa bagian, disini saya membaginya ke dalam 4 bagian.

10% untuk investasi hal ini perlu untuk membangun masa depan kamu, investasi yang bisa kamu pilih sebagai pemula bisa berupa seperti reksadana, deposito atau menabung emas kedua investasi ini memiliki resiko yang rendah.

20% untuk tabungan darurat, tidak selamanya sesuatu berjalan dengan lancar akan ada selalu hal yang tidak terduga dan uang tabungan darurat lah yang bisa kamu gunakan untuk kondisi seperti ini.

30% untuk hiburan, lelah dengan pekerjaan pastinya kamu membutuhkan liburan seperti main atau makan makan supaya kinerja kamu dalam pekerjaan kamu tetap baik.

40% untuk biaya hidup makan, biaya transportasi, dan biaya yang lainya.
  • Catat rencana pengeluaran dan pemasukan, baik bulanan ataupun harian.
            Setelah mengetahui berapa besaran yang telah di alokasikan ke 4 bagian dari hasil pendapatan gaji kemudian langkah ke dua kamu catat rencana pengeluaran kamu selama sebulan dan catat pula realisasi pengeluaran kamu update setiap harinya, dengan begini kamu bisa mengontrol pengeluaran agar tidak melebihi batas besaran yang telah di alokasikan sebelumnya.
  • Hindari pinjaman apabila tidak terlalu membutuhkan.
            Logikanya ketika kamu meminjam uang secara otomatis rencana keuangan kamu akan terganggu karena ditambah dengan adanya biaya cicilan beserta bunganya, selain itu meminjam uang juga menghalangi dan memberikan dampak yang kurang baik untuk mencapai tujuan yaitu merasakan hidup yang tenang tanpa perlu khawatir.

apabila kamu terpaksa harus melakukan pinjaman maka saya sarankan untuk menghitung biaya cicilanya tidak melebihi 10% dari pendapatan kamu, sehingga nanti alokasi untuk investasi bisa di pindahkan untuk membayar cicilan pinjaman.
  • Simpan uang receh
Simpanlah uang hasil kembalian dari warung, mini market dan lain sebagainya, siapkan sebuah wadah untung menampung nya, uang receh ini sangat berguna di saat saat darurat terutama pada tanggal tua dimana kondisi keuangan sudah menipis. Uang receh juga bisa kamu tabungkan untuk tambah tambah membeli sesuatu yang kamu inginkan sehinga tidak menguras uang dari perencanaan kamu.
  • Kendalikan diri sendiri
Pikiran dan psikologis kamu dalam mengelola uang sangatlah penting, ada banyak orang yang sangat boros ketika sedang memegang banyak uang dalam kasus ini pikiran lah yang berperan banyak dalam mengelola keuangan, kamu harus bisa menahan dan mengendalikan berbagai keinginan serta pahami kembali mengenai keinginan dan kebutuhan.

Mengelola keuangan yang tepat akan membantu kamu untuk menata hidup lebih baik. Mengatur keuangan sejak dini akan membantu kamu menyiapkan segala sesuatunya di masa depan. Selain itu kamu juga bisa memastikan kehidupan kamu dapat berjalan dengan baik untuk diri sendiri bahkan juga orang yang dekat dengan mu.

No comments

Powered by Blogger.