Cara Mengatasi Rumus Excel Yang Tidak Menghitung Otomatis


Salah satu kemampuan dari aplikasi microsoft excel yang cukup membantu dalam sebuah pekerjaan adalah adanya kemampuan menghitung banyak data dengan cepat menggunakan sebuah rumus, tidak hanya satu kali hitungan untuk satu rumus melainkan bisa di duplikasi sebanyak banyaknya dengan mudah untuk hitungan pada kolom lain dan data yang berbeda seperti yang kita ketahui caranya cukup dengan menarik rumus yang telah dibuat kebawah atau kesamping kolom yang ingin dihitung selanjutnya.

Perlu kamu ketahui permasalahan excel seperti ini sebenarnya gampang gampang susah, kenapa ? karena tidak banyak orang bisa langsung mengetahui penyebab dan bagaimana mengatasinya bahkan untuk seorang IT bisa saja tidak mengetahui hal ini disoalkan tidak ada IT yang spesifik mengurusi masalah excel tetapi lebih kemasalah keseluruhan sistem atau jaringan.

Cara mengatasi rumus excel yang tidak menghitung otomatis caranya sangat sederhana sekali tapi sebelumnya hal ini terjadi karena ada sebuah settingan yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan (hitung rumus otomatis) yaitu adalah settingan Calculation Option yang berada pada mode Manual Reculation Mode padahal bawaan defaultnya ada di mode Automatic sehingga kondisi ini membuat rumus tidak menghitung secara otomatis. pada mode manual rumus akan terhitung apabila cell di aktifkan dan menekan tombol enter.

  • Buka menu File kemudian Option.
  • Pilih pengaturan Formulas.
  • Pada bagian Calculation Option pilih mode Automatic.

Sekian pembahasan bagaimana cara mengatasi rumus excel yang tidak menghitung otomatis semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

No comments

Powered by Blogger.