Cara Menyelenggarakan Webinar Menggunakan Wordpress Secara Gratis

 
Beberapa tahun belakangan ini webinar menjadi sangat populer, berbagai individu, organisasi, ataupun perusahaan mencari cara mereka sendiri untuk dapat menyelenggarakan webinar. Ada banyak pilihan aplikasi yang turut menyediakan fasilitas webinar dan salah satunya adalah wordpress dengan pluginya yang bernama webinarpress.

Webinar merupakan singkatan dari web seminar yang berarti seminar dilakukan melaui situs web atau aplikasi yang terhubung dengan jaringan internet, teknik seminar memungkinkan pembicara menyampaikan materi dan terjadi interaksi tanya jawab antara peserta dan narasumber melalui media elektronik maupun internet.

Untuk tutorial ini secara khusus saya menjelaskan bagaimana menyelenggarakan webinar menggunakan wordpress, nah didalam wordpress ada satu plugin hebat bernama webinarpress, plugin ini memiliki fungsi yang lengkap untuk membantu kamu dalam mengelola dan menyelenggarakan webinar di dalam wordpress.

Berikut adalah bagaimana cara menyelenggarakan webinar dengan menggunakan wordpress.

Hal yang perlu diketahui kalau cara ini, tentunya kamu harus mempunyai sebuah website berbasis wordpress dengan self-hosted artinya bukan blog biasa yang hostingnya gratis berasal dari bawaanya. Kemudian nantinya website tersebut dipasangi plugin WebinarPress System.

Berikut adalah menu webinar ketika berhasil di pasangkan

Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas webinarpress memiliki banyak fitur yang menunjang untuk mengadakan kegiatan webinar mulai dari awal pendaftaran atau regristasi sampai dengan report atau history pada saat ketika acara webinar telah berakhir.

Ketika hendak membuat webinar baru di wordpress ini beberapa hal yang harus di perhatikan supaya acara bisa berjalan dengan baik dan lancar seperti :

  • Tema dari webinar, yah ini adalah inti dari sebuah webinar seberapa menarik tema yang di suguhkan akan berpengaruh besar untuk menjaring lebih banyak peminat untuk mendaftar di webinar kamu dan jangan lupa pula untuk mendeskripsikan secara singkat dari tema tersebut.
  • Tentukan jenis penayangan webinar apakah secara live yang perlu diatur secara manual oleh seorang host atau secara one time yang secara otomatis akan memulai web binar ketika waktu telah sampai pada waktu yang di tentukan.
  • Pilih waktu kapan webinar akan di mulai.
  • Putuskan sumber tayangan webinar, di webpress ada banyak pilihan sumber seperti youtube live, youtube, vimeo, zoom, dll.
  • Selain itu webinarpress menyediakan layanan pendukung untuk webinar berbayar dengan menggunakan plugin tambahan yaitu woocommerce.


  • Dalam membuat webinar ada yang namanya form regristasi atau pendafataran beserta juga dengan waktu hitung mundur sebelum acara dimulai, fasilitas ini ada di plugin webinarpress pada settingan design.


  • Email konfirmasi untuk memberi tahu dan mengingatkan kepada para peserta mengenai webinar tersedian pada pengaturan email template, ada settingan 1 hari, 1 jam, sampai 5 menit sebelum acara dimulai.


Selesai mengadakan acara webinar kamu membutuhkan laporan sebagai evaluasi untuk webinar kedepanya fitur yang disediakan oleh webinarpress adalah :

  • Attendance mengetahui jumlah dan siapa saja yang telah mengikuti acara webinar tertentu.
  • Chatlog melihat kembali histori percakapan yang terjadi selama webinar berlangsung.
  • Questiong melihat kembali pertanyaan yang telah di tanyakan oleh peserta berikut dengan jawaban yang diberikan
  • Ekport CSV, ketiga fitur diatas bisa di ekport kedalam CSV sehingga akan memudahkan kamu ketika pengelolaan.

Silahkan sekarang kamu coba deh untuk membuat acara webinar kamu yang pertama kali dengan menggunakan webinarpress.

No comments

Powered by Blogger.