Tempat Nabung Paling Bagus Untuk Dana Darurat, Dana Impian

Nabung adalah salah satu hal yang sudah tidak asing di telinga, semenjak kecil kita sudah diperkenalkan dengan hal tersebut, seperti pepatah pusakan yang di bilang para orang tua kepada anaknya uangnya mending di tabung untuk masa depan jangan dibeliin barang-barang yang tidak perlu, pemmborosan !.

Tempat favorit nabung orang jaman dulu biasanya disimpan atau dimasukan kedalam celengan nah kalau sekarang pastinya kita sudah beralih ke penyimpanan bank yang tentunya lebih aman dan menguntungkan, eh tapi tunggu apa mungkin masih ada dari kalian yang menabung menggunakan celengan ?, unik nih coba deh kalian tulis di kolom komentar beserta alasanya.

Sebelum menabung tentu saja tidak mungkin mendadak dengan alasan yang tidak jelas pasti direncanaka ada sesuatu yang kamu harapkan atau ingin kamu raih dengan mengumpulkan uang tersebut seperti contohnya untuk dana yang akan kita bahas yaitu dana darurat dan dana impian, hal ini penting karena untuk menentukan tempat yang akan digunakan.

Dengan menabung di tempat yang tepat maka keinginan atau tujuan kamu akan lebih mudah untuk tercapai, pengalaman saya nabung dana impian di tempat yang salah

Dana darurat adalah uang yang tersedia dan mudah diambil untuk dipergunakan hal yang mendesak, tidak disangka sangka, emergensi, dan membutuhkan penanggulangan segera mungkin. Besaran dana darurat ini biasanya antar 6 sampai 9 kali dari pengeluaran kamu setiap bulanya contoh setiap bulan kamu mengeluarkan uang untuk kebutuhan sebanyak 3 juta maka 3 juta dikali 6 bulan yaitu 18 juta rupiah untuk dana darurat yang harus kamu tabung atau siapkan.

Sekarang tempat apa yang paling bagus untuk menyimpan dana darurat dan dana impian kamu ?

  

2 Pilihan Tempat Menabung Dana Darurat

Pertama adalah tabungan rekening bank karena tempat ini memiliki likuiditas yang tinggi sehingga sangat mudah untuk diambil kapan saja kekuranganya apabila saldo didalamnya sedikit akan terpotong sedikit oleh biaya administrasi.

Sedangkan pilihan yang kedua adalah reksadana pasar uang karena dengan reksadana pasar uang kamu akan di kembangkan dan menghasilkan return pendapatan dikisaran 4 sampai 7 persen per tahunya selain itu reksadana pasar uang memiliki resiko yang sangat sangat rendah yah hampir mirip mirip dengan tabungan rekening bank kekuranganya likuiditas yang tidak setinggi pilihan pertama yaitu butuh 3 sampai 7 hari untuk mengambilnya.


Tempat Menabung Dana Impian

Menurut saya tempat yang paling bagus untuk menyimpan dana impian kamu adalah di reksadana pendapatan tetap karena return yang dihasilkan lebih tinggi sekitar 7 sampai 10 persen pertahun sehingga bisa mempercepat keinginan kalian terwujud untuk likuiditas sama saja dengan reksadana pasar uang 3-7 hari pencairan sedangkan untuk resiko tetap rendah cocok untuk jangka menengah 3-5 tahun. 

Sebenarnya ada satu lagi tempat menabung yang bagus yaitu untuk dana pensiun, tempatnya yaitu dengan nabung disaham karena returnya yang sangat tinggi untuk jangka waktu yang panjang 10-15 tahun, keuntungan bisa didapat dari 2 jalan yaitu dari kapital gain (kenaikan harga) dan deviden pembagian hasil perusahaan tapi dari keuntungan besar tersebut tentu ada resiko yang besar juga jadi apabila kamu mau mencoba nabung saham disarankan untuk mempelajarinya lebih dalam tentang saham dan merencanakan ekonomi yang lebih siap sebelum terjun ke saham.

Sekian pembahasan tempat nabung yang paling bagus untuk dana darurat dan dana impian, semoga sedikitnya bisa bermanfaat. 

Satu lagi kelupaan tabungan dana akhirat, jangan melulu soal dunia hingga lupa dunia akhirat, tempatnya sangat banyak dan mudah bisa kamu temukan di lingkungan sekitar, jalanan atau di tempat ibadah return penghasilanya lebih tinggi dari semua tempat nabung yang ada di dunia yaitu pahala untuk masuk surga.

No comments

Powered by Blogger.