Apa Itu Laravel ?


Laravel adalah framwork atau platform yang berfungsi untuk mengembangkan aplikasi web dengan bahasa pemrograman PHP.

Aplikasi web sendiri merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui web browser saat tersambung dengan internet. Sehingga, pengguna tidak harus menginstal aplikasinya pada ponsel.

Jika anda bertanya assal usul kelahiran nama Laravel kepada penciptanya, mungkin anda akan merasa gemas. Taylor Otwell memilih nama itu karena memiliki bunyi yang mirip dengan Cair Paravel, istana dalam novel Narnia.

Yap, sesuai dengan imajinasi anda, istana lekat dengan penampilan yang megah dan kehidupan mewah. Dengan menjadi raja atau ratu, kebutuhan anda dapat terpenuhi dengan mudah.

Nah Laravel pun juga demikian. Framework ini mampu menjadi istana coding yang developer butuhkan. Di sini tersedia berbagai jenis PHP Library dan fitur yang sangat kaya.

Dengan begitu, Laravel akan memudahkan anda dalam mengembangkan web. Anda juga bisa membuat aplikasi web dengan cepat.

Perbedaan Laravel vs Codeigniter

Saat membicarakan framwork PHP, tentunya Laravel bukanlah satu-satunya pilihan. Bahkan, di dunia ini tercatat ada lebih dari 40 framwork PHP, lho.

Nah di antara puluhan opsi tersebut, pasti ada framwork PHP terbaik. Dan jika membicarakan popularitasnya, tentu Laravel dan Codeigniter masuk dalam daftar juara. Lalu, manakah framwork PHP yang lebih baik ?

Laravel cocok jika anda ingin membangun aplikasi web yang canggih dengan fitur modern. Sedangkan Codeigniter lebih cocok untuk membuat aplikasi web sederhana yang menghadirkan fitur lengkap.

Jadi, jika anda ingin membuat aplikasi web yang elegan dan kompleks, sebaiknya belajar Laravel. Namun jika aplikasi web anda cukup sederhana, Codeigniter bisa menjadi solusi.

No comments

Powered by Blogger.