Cara Install Laravel

Setelah Composer selesai terinstall, tahap berikutnya yaitu memasang Laravel. Ada berbagai jalan untuk melakukanya khusus artikel ini akan membahas tutorial install laravel pada windows.

Ada empat langkah saja untuk menginstal Laravel pada windows, yaitu :

1. Masuk Comand Prompt

Langkah pertama dalam install Laravel adalah masuk Command Prompt. Caranya adalah klik Win+R lalu ketik cmd dan klik OK

2. Masuk ke folder XAMPP

Sebelum melakukan instalasi Laravel, arahkan Command Prompt atau terminal menuju direktori file server. Lokasi file server pada XAMPP secara default berada pada direktori xampp/htdocs.

cd \xampp\htdocs

3. Mulai proses instalasi Laravel

Selanjutnya jika sudah masuk direktori htdocs, Anda harus membuat request untuk mengambil (serta menginstall) file Laravel yang telah disediakan dalam repositori Github. Gunakan ini untuk melakukan request :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama_projectmu

Jika perintah telah berhasil dimasukan, Composer akan mulai melakukan proses pengambilan data serta instalasi Laravel ke dalam direktori yang telah Anda tentukan. Pastikan bahwa koneksi internet dalam keadaan stabil agar tidak terjadi gangguan pada saat proses pengambilan data Laravel.

4. Cek instalasi Laravel di web browser.

Setelah proses download file Laravel selesai, nantinya akan ada folder baru pada direktori file server dengan nama sesuai nama project yang telah Anda tentukan sebelumnya pada folder /xampp/htdocs.


Untuk memastikan bahwa Laravel sukses terinstall dan siap untuk digunakan, arahkan Command Prompt atau terminal menuju direktori yang telah Anda buat sebelumnya. Lalu, masukan perintah berikut ke dalam Command Prompt atau Terminal :

php artisan serve


Jika muncul tulisan Laravel development serve started pada Command Prompt atau Terminal, langkah selanjutnya adalah membuka link yang telah disediakan oleh Laravel. Secara default, Anda akan diarahkan menuju alamat server, yaitu 127.0.0.1:8000. Nantinya akan muncul tampilan homepage dengan tulisan Laravel dibagian tengah seperti pada gambar dibawah ini :


Jika muncul seperti pada tampilan di atas, proses instalasi Laravel Anda telah berhasil.

No comments

Powered by Blogger.