Cara Install XAMPP di Windows

XAMPP adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat web server lokal untuk melakukan pengetesan website pengetesan website.

Banyak orang yang senang menggunakan XAMPP karena aplikasi ini ringan untuk dijalankan. Selain itu, XAMPP juga bisa digunakan di berbagai platform, mulai dari Apache, MySQL, PHP, hingga Perl.

Walaupun XAMPP dapat dijalankan di Mac dan Linux, tapi di tutorial ini kami hanya akan membahas tentang cara install XAMPP di Windows.

Untuk memulai langkah pada tutorial ini, Anda memerlukan :

  • Komputer dengan sistem operasi Windows
  • File installer XAMPP bisa di download disini
1. Lakukan instalasi setelah Anda selesai mengunduh. Selama proses instalasi mungkin Anda akan melihat pesan yang menanyakan apakah Anda yakin akan menginstall. Silakan tekan Yes untuk melanjutkan instalasi.

2. Klik tombol Next


3. Pada tampilan selanjutnya akan muncul pilihan mengenai komponen mana dari XAMPP yang ingin dan tidak ingin Anda instal. Beberapa pilihan seperti Apache dan PHP adalah bagian penting untuk menjalankan website dan akan otomatis diinstal. Silakan centang MySQL dan phpMyAdmin, untuk pilihan lainya biarkan saja.



4. Berikut silakan pilih folder tujuan dimana XAMPP ingin Anda instal. Contohnya di direktori C:\xampp.


5. Pada halaman selanjutnya, akan ada pilihan apakah Anda ingin menginstall Bitnami untuk XAMPP, dimana nantinya dapat Anda gunakan untuk install WordPress, Drupal, dan Joomla secara otomatis.


6. Pada langkah ini proses instalasi XAMPP akan dimulai. Silahkan klik tombol Next.


7. Setelah berhasil diinstall, akan muncul notifikasi untuk langsung menjalankan control panel. Silakan klik Finish.


Untuk menjalankan XAMPP silakan buka aplikasi XAMPP kemudian klik tombol Start pada Apache dan MySQL. Jika berhasil dijalankan, Apache dan MySQL akan berwarna hijau seperti gambar dibawah ini.


Saat ini Anda sudah belajar bagaimana cara install XAMPP. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran mengenai artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada form di bawah.

No comments

Powered by Blogger.