Mengatasi Masalah File Too Large Saat Mengcopy Atau Memindahkan File


Untuk kita sebagai orang awam yang tidak begitu mengerti tentang komputer ketika mengoperasikan komputer seringkali kita mendapatkan masalah dan setelah bisa mengatasinya datanglah masalah lain yang baru datang lagi.

Banyak sekali permasalahan yang terjadi saat mengoperasikan komputer, diantaranya yaitu masalah ketika kita tidak bisa mengcopy atau memindahkan file yang besar kedalam sebuah flashdisk. Perlu kalian ketahui kalau flashdisk biasanya hanya dapat menerima file tidak lebih dari 5 GB. Apabila lebih dari itu maka akan muncul notifikasi "File Too Large" yang memiliki arti file terlalu besar dari batas maksimal untuk menyalin file.

Kenapa flashdisk hanya dapat menerima file tidak lebih dari 5 GB?, ya karena format default pada flashdisk adalah FAT32 yang mempunyai fitur kurang baik.

Lalu bagaimana solusinya untuk mengatasi permasalahan ketika muncul pesan File Too Large?. Solusinya ialah memformat flashdisk tersebut menjadi format NTFS (New Technology File System) yang memiliki fitur yang lebih baik dari partisi FAT32.

Bagaimana langkah langkahnya?

1. Klik kanan pada partisi flashdisk pada explorer.
2. Pilih Format
3. Pada File System ganti dari FAT32 menjadi NTFS.
4. Start
5. Tunggu sampai proses format selesai.

Selesai silahkan kalian coba copy atau pindahkan file yang memiliki size lebih dari 5 GB kedalam flashdisk maka proses pengcopyan atau pemindahn akan bisa dilakukan.

Catatan : Sebelum memformat flashdisk, pastikan dahulu pindahkan data penting yang terdapat dalam flashdisk ke tempat lain karena ketika diformat semua data yang terdapat di flashdisk akan hilang semua.

No comments

Powered by Blogger.