Wednesday, 29 November 2017

Cara Memasang Playlist Musik Di Dalam Blog

Ibarat sayur tanpa garam, sebuah website akan terasa hambar dan membosankan apabila tidak di dukung dengan tulisan tulisan yang menarik memang tulisaan sangat penting sekali dalam sebuah websiite tetapi tulisan juga bukanlah satu satunya yang mendukung website menjadi terlihat menarik ada beberapa faktor lagi yang bisa mendorong sebuah website menjadi terasa menyenangkan apabila berkunjung dan berada di sebuah website. Apa itu ?

Tampilan website, yap tampilan juga berpengaruh kepada sebuah website agar terasa menarik, terus seperti apa tampilan yaang harus dibuat agar menciptakan rasa yang menyenangkan di sebuah website. Salah satunya adalah kelengkapan navigasi dan widget untuk membantu dan memenuhi keinginan para pengunjung.

Dengan demikian pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi peengalaman bagaimana caranya membuat dan menshare playlist musik kedalam sebuah website / blog. Sebelum itu seperti biasa saya ingin bercerita terlebih dahulu pengalaman saya mengenai pembuatan playtlist  musik dan mensharenya diwebsite / blog.

Baik ayo kita kembali ke masa lalu terlebih dahulu, waah kalian semangat sekali kalau bercerita masa lalu iya kan ? memang masa lalu selalu terasa lebih indah. Kembali kebelakang empat tahun yang lalu ketika pertama kali saya membuat website ini dan ketika saya semangat semangatnya mengutak atik tampilan website ini dengan berbagai widget widget unik dan menarik mulai dari kursor menegeluarkan bintang bintang sampai memunculkan kamera CCTV.

Suatu hari saya berkunjung ke website milik kakak saya dengan domain wordpress dan disana ada banyak widget yang unik dan berbeda dibanding dengan website milik saya yang berdomain blogspot akan tetapi widget unik dan berbeda tersebut tidak semuanya bisa saya utak atik dan saya terapkan di website milik saya namun meskipun begitu ada salah satu widget yang telah saya utak atik dan bisa terpasang di website saya, apa widget tersebut ? widget tersebut adalah widget playlist musik.

Bagi sebagian orang widget playlist musik ini mungkin agak berkontroversi dikarenakan mengganggu aktifitas mereka, kenapa bisa begitu ? Oke setelah kalian dengar cerita diaatas dan sebelum masuk kepembahasan utama alangkah baiknya kita jelaskan terlebih dahulu dampak positif dan dampak negatifnya memasang widget ini. Kedua dampak tersebut bisa terjadi tergantung dengan kepribadian orang yang berkunjung kedalam website.

Apa dampaknya tergantung orangnya gimana kurang spesifik ? baik saya akan jelaskan lebih rinci.
  • Bagi sebagian pengunjung akan merasa menyenangkan dan tidak bosan ketika membaca artikel di website tersebut akan tetapi sebaliknya bagi sebagian orang lagi akan merasa terganggu dan tidak fokus saat membaca artikel.
  • Sebagian orang mungkin memiliki jenis musik yang sama sehingga enjoy enjoy saja mendengarkan playlist yang dishare ke website dan sebagian orang lagi terganggu karena tidak biasa dengan jenis musik yang dishare di website.
  • Untuk point ketiga ini termasuk ke dalam dampak negatif karena pada saat memutar playlist akan memakan kuota internet.

Gimana sudah jelas karena ini tergantung orang yang berkunjung sehingga dampak dengan widget ini pada intinya cuman ada 2 negatif dan positif yaitu Terganggu atau Terhibur cuman itu saja. Jadi kalian sudaah bisa memutuskan suka atau tidak suska, apabila kalian tidak suka dengan widget ini karena terasa mengganggu berarti saya mohon maaf karena artinya tulisan ini tidak bermanfaat bagi kalian akan tetapi apabila kalian malah terhibur dengan widget ini berarti kita sama dan silahkan kalian baca tulisan ini sampai selesai Ok.

Widget playlist yang akan saya jelaskan dan gunakan adalah dari soundcloud karena lebih ringan untuk diletakan di sebuah website selain itu id dalam soundcloud juga terdapat pengaturan autoplay dan non autoplay.

CARA MEMASANG PLAYLIST MUSIK SOUNDCLOUD DI BLOG

  • Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat playlist musik soundcloud adalah harus mempunyai akun soundcloud terlebih dahulu, kalian bisa membuatnya disini.
  • Setelah mempunyai akun langkah selanjutnya adalah membuat sebuah playlist sendiri dengan sifat publish agar bisa dilihat oleh orang lain atau tidak pribadi.
  • Cari lagu yang kalian inginkan dan masukan kedalam playlist yang sudah kalian buat.
  • Setelah selesai membuat playlist dan mengisinya dengan beberapa musik pilihan kalian maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuka playlist tersebut.
  • Kemudian Klik tombol share dibagian atas playlist dan akan muncul halaman Share.
  • Maka pilih lah pada bagian Embed untuk mendapatkan script untuk dipasang di blog, atur sedemikian rupa tampilan playlist yang akan disahre sesuai selera masing masing.
  • Jika sudah copy script yang suddah kalian dapatkan kedalam blog dengan cara menambahkan Widget HTML atau dengan cara memasukanya dalam postingan dalam bentuk mode HTML.
  • Simpan & Publikasikan, lihat hasilnya pada website kalian apabila muncul widget berarti selamat misi kalian hari ini selesai 😀

Ok sampai sini dulu tulisan ini, masih bingung ? coba tanyakan pada kolom komentar mudah mudahan saya bisa membantu.


Tks.

1 komentar so far

ituulah yg membuat saya enggan buat pasang musik di blog, menambah biaya kuota besar ketika akses. dan benar sih ada tipe pembaca yg kadang tidak suka dg adanya musik. tapi terimakasih informasinya


EmoticonEmoticon