Tuesday, 21 May 2019

Tutorial Codeigniter #3 Cara Menampilkan Data Dari Database (CRUD)

Diartikel bagian ketiga ini kita akan belajar tentang CRUD, nah dan CRUD itu sendiri adalah sebuah singkatan dari kata Create, Read, Update, & Delete sehingga CRUD ini didalamnya berisi tentang bagaimana caranya menampilkan, membuat, merubah, dan menghapus data dari atau ke database.

Ada 4 point yang nantinya akan kita bahas dalam topik CRUD ini namun untuk artikel ini saya khusukan hanya untuk membahas 1 point saja biar lebih mudah dipahami yaitu bagaimana caranya menampilkan data dari database menggunakan framework Codeigniter.

Sebelum lanjut ke pembahasanya kalian yang baru bergabung di tutorial ini saya sarankan untuk mengikuti tutorial sebelumnya tentang :

  • Tutorial Codeigniter #1 Pengenalan Codeigniter
  • Tutorial Codeigniter #2 Cara Menerapkan Template Bootstrap
karena pada pembahasan kali ini tentang cara menampilkan data dari database saya akan mengambil dan melanjutkan dari kedua tutorial sebelumnya.

Baik jika kalian sudah membaca 2 artikel saya sebelumnya berarti saya anggap kalian sudah menginstall codeigniter dan sudah menerapkan template bootstrap untuk memulai tutorial ini.

Membuat Database


Langkah pertama kita mulai dari membuat database baru dengan cara silahkan kalian buka PHPMyadmin kemudian berikan nama database dengan nama perizinan setelah itu klik buat/create.


Selesai membuat database sekarang kita buat satu buah tabel dengan nama karyawan dan berikan kolom sebanyak 4 buah kemudian klik Go/Kirim untuk menyimpanya.



4 buah kolom yang dibutuhkan diantara adalah sebagai berikut :
  • nik bertipe data varchar dengan panjang 50 (Primary Key)
  • nama bertipe data varchar dengan panjang 255
  • tgllahir bertipe data date
  • alamat bertipe data text
Setelah semua kebutuhan kolom terisi silahkan kalian tekan Save/Simpan.


Kode SQL nya :

CREATE TABLE `karyawan` (
   `nik` varchar(50) NOT NULL,
   `nama` varchar(255) NOT NULL,
   `tgllahir` date NOT NULL,
   `alamat` text NOT NULL
) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1;

Setelah membuat database masukan juga beberapa record nanti data yang akan ditampilkan dan jika sudah kita lanjut ketahap berikutnya.

Mengatur Konfigurasi


Berhubung kita menggunakan framework maka ada beberapa konfigurasi yang harus diatur terlebih dahulu supaya nantinya Codeigniter bisa terhubung dengan database.

Database.php


Silahkan kalian buka file config/database.php kemudian ubah kode didalamnya menjadi seperti ini dan simpan.


Autoload.php


Silahkan kalian buka file config/autoload.php kemudian ubah kode didalamnya menjadi seperti ini dan simpan.


Libraries database akan menyedian fungsi fungsi untuk operasi database yang nantinya akan kita gunakan dalam aplikasi.

Membuat Model


Langkah selanjutnya kita akan membuat model, didalam model akan berisi baris kode untuk mempermudah kita dalam memanggil database.

Silahkan buat file baru didalam folder application/models kemudian berinama M_admin.php dan perlu diperhatikan dalam penamaan sebuah model nama harus diawali dengan huruf besar terlebih dahulu supaya tidak terjadi error ketika dijalankan.

Berikut adalah kode yang harus kita buat


Penjelasan kode tersebut kita telah membuat fungsi bernama get_all() yang didalamnya pada baris ke 8 dan 9 adalah perintah untuk menampilkan data pada tabel yang ada dalam variabel, karena kita menggunakan variabel jadinya function ini bisa digunakan berkali kali dengan nama tabel yang berbeda beda.

Dibaris 9 juga ada kode return yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil dari sebuah fungsi.

Membuat Controller


Dalam langkah ini silahkan kalian buat satu file baru lagi kemudian beri nama Karyawan.php, setelah itu simpanlah file tersebut pada folder application/controller, selanjutnya isi dengan baris kode seperti berikut


Penjelasan kode tersebut  kita membuat 2 buah function pertama public function __construct() bari kode ini berfungsi untuk menjalankan suatu aksi ketika controller dijalankan, kemudian pada baris 8 kode tersebut berfungsi untuk meload model M_admin supaya kita bsa mengakses function function yang ada didalamnya.

function kedua public function index() pada baris 12 kode tersebut berfungsi untuk mengambil hasil query dari fungsi get_all yang ada pada model M_admin kemudian dimasukan kedalam array data dengan index karyawan kemudian pada baris kode 16 berfungsi untuk meload view admin/v_karyawan beserta dengan data array karyawan.

Membuat View


Selanjutnya kita akan membuat view untuk menampilkan data karyawanya. Silahkan buat satu folder didalam folder application/view berilah nama admin kemudian didalam folder admin buat satu buah file dan berilah nama v_karyawan.php

Setelah itu kita buka file tables.html yang berada didalam folder latihan/assets, didalam file tersebut kita ambil kode Begin Page Content sampai dengan End of Main Content dan pastekan kedalam file v_karyawan.php.



Masih dalam file tables.html ambil kode berikut ini kemudian pastekan di file sidebar.php dan jangan lupa juga untuk menyesuaikan linkya sesuai dengan folder project kita.



Kembali lagi kedalam file tables.html kemudian ambil kode berikut setelah itu pastekan kedalam file footer.php serta sesuaikan pula link lokasinya dengan project kita.



Penjelasanya assets tersebut memiliki fungsi untuk memanggil assets datatables, datatables itu sendiri adalah plugin untuk menampilkan data tabel dengan fitur yang cukup lengkap seperti pagination, search, dan sorting.

v_karyawan.php


Sekarang kita akan memasukan data databasenya kedalam view, sebelumnya hapus terlebih dahulu baris kode yang menampilkan data sebelumnya kemudia rubah menjadi kode seperti berikut ini.


Penjelasanya baris kode 18 sampai dengan 32 adalah baris kode untuk menampilkan nama nama kolom pada tabel kemudian baris kode 37 sampai dengan 45 adalah baris kode untuk menampilkan data satu persatu sampai data yang terakhir.

Jika kalian sudah menyelesaikan semua tahap penjelasan diatas terakhir kita tes hasilnya dengan cara membuka url localhost/latihan/index.php/karyawan maka akan muncul tampilan seperti ini.


Baiklah sekian tutorial codeigniter kali ini semoga bisa bermanfaat, apabila kurang dipahami atau ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar.


EmoticonEmoticon