Bodohnya Saya Mencoba Untuk Membongkar Harddisk


Hari ini harddisk saya kolaps alias rusak yang sebelumnya memang sudah menandakan akan terjadinya hal tersebut mulai dari muncul suara aneh dari dalam cpu sampai dengan performa pembacaan data yang sangat turun drastis.

Sebelumnya saya pikir harddisk tersebut dapat bertahan lebih lama lagi tetapi nyatanya pada keesokan hari ketika saya menyalakan komputer muncul tampilan hitam dengan pesan bahwa harddisk tidak ditemukan dengan kata lain harddisk sudah tidak bisa terbaca lagi.

Belum percaya dengan apa yang saya lihat bahwa harddisk benar benar sudah tidak terbaca, saya coba untuk mengulangnya berkali kali namun hasilnya tetap tidak terbaca kemudian belum puas sampai situ saya lepas harddisk dan saya pasangkan ke komputer yang lainya.

Harddisk tetap saja tidak terbaca, mau gimana lagi sepertinya memang harddisk tersebut mengalami kerusakan, ditambah dengan adanya suara bunyi tek..tek..tek yang berasal dari dalam harddisk otomatis semakin membuatku yakin harddisk ini telah rusak.

Pasrah dengan kondisi harddisk seperti itu akhir saya coba tanya tanya kepada yang katanya ahli dalam merepair harddisk atau mengambil data dari harrdisk.

Terus kata mereka kondisinya sudah parah banget dan tidak bisa diperbaiki lagi, kalau mau bisa diambil datanya tetapi harganya cukup mahal bisa sampai kisaran harga 1.5 sampai 3 Juta.

Tau kondisinya seperti itu semakin hancurlah harapan saya, sepertinya saya harus merelakan data data penting yang telah saya buat selama ini, dengan suasana hati yang sedang tidak baik munculah pikiran untuk bagaimana kalau saya bongkar saja siapa tau ada kesalahan posisi pada head nya kemudia tingga saya ubah posisinya.

Dengan bermodalkan tutorial pada channel youtube, saya memberanikan diri untuk membongkarnya dan setelah dibuka ternyata semuanya baik baik saja tidak ada yang salah dengan posisi head kemudian saya putuskan untuk menutupnya kembali.

Kesokan harinya saya ngobrol bareng teman saya soal masalah ini kemudian dia bilang ada toko yang bisa mengembalikan data harddisk dengan harga yang murah yaitu cuma dengan uang ratusan ribu saja.

Saya coba cari tuh tokonya dan ketemu, sebelumnya berjalan dengan lancar saya berikan harddisk itu dan langsung mereka cek. "Paling besok beresnya mas, estimasi harganya kisaran 400 ribu" kata si om yang punya toko tersebut.

Sontak saya heran dan bertanya tanya, "beneran bisa diambil datanya om ?" kata saya, "Bisa ini cuma kena biosnya jadi tinggal di flash ulang saja terus ambil datanya".

Tapi pada saat saat terakhir si om pemilik tokonya coba memastikan kembali kondisi harddisk dan dari sana ketahuan lah kalau itu harddisk pernah saya bongkar. "Mas harddisknya sudah pernah dibongkar ya ?, kalau udah kaya gini percuma di flash juga gak bakal bisa harus pake mesin dan biayanya mahal".

Dari situ saya sadar betapa bodohnya saya waktu itu memberanikan diri membongkar harddisk.

Lalu kenapa tidak boleh membongkar harddisk ?, jadi setiap harddisk memiliki baut baut yang sudah mempunyai tekanan tertentu yang diberikan mesin perakit masing masing pabrik dan apabila di bongkar kita harus menyesuaikan kembali tekanan baut tersebut sesuai dengan pabrikanya supaya head menempel pada plate dan itu mustahil jika menggunakan tangan kosong.

No comments

Powered by Blogger.